Perawatan Agar Kaos Kaki Kesayangan Tidak Mudah Bolong dan Melar

Perawatan Agar Kaos Kaki Kesayangan Tidak Mudah Bolong dan Melar

Suaramuslim.net – Kaos kaki, seperti kita tahu, merupakan fashion item yang biasa digunakan masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, pekerja, orang tua, dan muslimah.

Kegunaannya bermacam-macam diantaranya untuk melindungi dari paparan sinar matahari, menjaga agar kaki tidak bau, dan membuat kaki terasa lebih hangat saat cuaca dingin. Bagi muslimah, penggunaan kaos kaki merupakah salah satu cara menutup aurat secara sempurna, tepatnya di bagian kaki.

Mengenakan kaos kaki saat bepergian menjadikan aurat tertutup sempurna. Modelnya pun beragam sesuai selera pemakai. Ada kaos kaki jempol dan kaos kaki yang ujungnya bisa disingkapkan saat berwudlu. Seseorang biasanya punya stok kaos kaki dengan berbagai warna yang bisa diserasikan dengan busana yang kita kenakan. Kita Sebaiknya juga memilih kaos kaki senada dengan pakaian yang dikenakan, sehingga penampilan nampak selaras.

Meski berukuran kecil, namun aksesoris pelengkap bagi Muslimah ini patut diperhatikan cara perawatannya. Jika tidak, koleksi kaos kaki kita akan cepat melar dan berlubang. Penyebabnya pun bermacam, seperti salah dalam proses penyucian. Kalau mau mencuci kaos kaki sesayangan, ada baiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

Proses mencuci

Tidak seperti fashion item lainnya, kaos kaki akan sangat mudah kotor karena seringnya digunakan berjalan di atas lantai. Untuk menghilangkan noda membandel di kaos kaki, biasanya kita menyikatnya dengan keras, memberikan cairan pemutih, atau bahkan merendamnya beberapa jam menggunakan air hangat.

Beberapa langkah tersebut mungkin ampuh untuk menghilangkan kotoran, akan tetapi hal tersebut menyebabkan kaos kaki justru cepat kendor. Penggunaan sikat terlalu keras pada kaos kaki pun juga dapat menjadikannya cepat berlubang, melar, dan berbulu.

Untuk agar kaos kaki tidak cebat bolong akibat salah mencuci, kita bisa menggunakan sabun batang agar noda pada kaos kaki cepat hilang. Selain itu, semua bahan konveksi elastis sebaiknya tidak dicuci menggunakan air panas, melainkan air dingin. Tujuannya lagi-lagi agar kaos kaki tidak cepat melar.

Proses penjemuran

Kaos kaki sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci, apalagi mesin pengering pakaian. Karena tindakan itu bisa menyebabkan karet kaos kaki kendor. Begitu pula menjemur di bawah terik matahari juga sangat tidak disarankan. Pastikan kita menjemur kaos kaki di tempat yang tedur, dan diangin-anginkan saja hingga kaos kaki kering.

Bagi Muslimah, kaos kaki bukan hanya berfungsi sebagai pelapis kaki yang bisa melindunginya dari pecah-pecah akibat kepanasan terlalu lama bersentuhan langsung dengan alas kaki serta memberikan kehangatan bagian kaki. Melainkan juga menutupi aurat di bagian telapak kaki.

Seiring perkembangan tren busana, kaos kaki menjadi penunjang penampilan seorang Muslimah agar terlihat lebih fashionable. Bahan pembuatan kaos kaki beragam, mulai dari Acrylic, Spandek, Nylon dan berbahan Polyester. Bahan tersebut akan membuat kaki nyaman bila digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Kontributor: Siti Aisah*
Editor: Oki Aryono

*Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Unair

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.