Seperti Inilah Perjuangan Kekinian untuk Memertahankan Kemerdekaan

44
Seperti Inilah Perjuangan Kekinian untuk Memertahankan Kemerdekaan

Suaramuslim.net – Perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan seharusnya tidak hanya diperingati setahun sekali dengan perayaan-perayaan tertentu. Perjuangan itu harus terus berlanjut oleh generasi penggantinya. Jika tidak, ancaman penjajahan akan terus menghantui.

Wajar, jika seluruh masyarakat Indonesia tidak pernah lupa akan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus ini. Karena di bulan itu, perayaan demi perayaan dilakukan, mulai dari upacara pengibaran bendera merah putih, peringatan proklamasi, karnaval budaya, hingga perlombaan tradisional khas 17-an.

Namun, beragam perayaan itu akan terhenti bersama berlalunya bulan Agustus. Karena perayaan itu memang momentum untuk merayakan dengan berbagai kebahagiaan  merdekanya Indonesia. Semoga dengan berbagai gegap gempita perayaan kemerdekaan mengingatkan masyarakat tentang pemaknaan kemerdekaan.

Pemaknaan yang mendalam tentang kemerdekaan Indonesia, akan membuahkan semangat untuk terus berjuang untuk terus memperbaiki diri dan mewaspadai terhadap penjajahan jenis baru.

Pengabdian Pada Masyarakat

Terlibat dalam kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat merupakan salah satu cara yang kini banyak dilakukan oleh para pemuda. Kemerdekaan tak hanya sekedar momentum kemenangan saja, dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat sama halnya bahwa sebagai pemuda telah ikut peduli dengan kesejahteraan bangsa. Dalam wilayah yang paling kecil, hal itu bisa diwujudkan dengan turut aktif di berbagai kegiatan kampung, baik itu kerja bakti, menjaga kemanan kampung, serta sigap jika tetangga membutuhkan bantuan kita.

Mendukung Perkembangan Produk Dalam Negeri

Banyak dari anak muda Indonesia yang lebih merasa bangga saat menggunakan produk dari brand-brand ternama di dunia. Tanpa disadari, hal tersebut justru dapat mematikan pertumbuhan dari pengusaha lokal yang beberapa di antaranya sebenarnya juga memiliki kualitas produk yang tidak kalah dengan brand luar.

Saat ini, begitu banyak brand asli Indonesia yang bermunculan dalam berbagai bidang. Jika generasi muda merasa bangga menggunakan produk dalam negeri, maka akan mendukung perkembangan brand tersebut, bahkan juga mampu mendorongnya untuk dikenal oleh masyarakat dunia.

Terlibat dalam Memajukan Sektor Pendidikan

Aset terbesar dari suatu negara bukanlah sumber daya alamnya, melainkan sumber daya manusia dari negara tersebut. Karena jika sumber daya alamnya luar biasa sementara SDMnya tidak mampu mengelola, bukan tidak mungkin negara lain akan menjajah kembali meskipun dengan cara yang berbeda. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya, diperlukan perbaikan kualitas sumber daya manusia Indonesia, terutama dalam hal pendidikan.

Maka dari itu, pembenahan fasilitas pendidikan harus menjadi prioritas utama yang harus dilakukan untuk perbaikan kualitas SDM di Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan kepedulian dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga generasi muda. Ya! Generasi muda pun bisa ikut berperan aktif dalam memperbaiki sektor pendidikan di Indonesia. Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam rangka mengambil sikap atas kemerdekaan Indonesia.

Menghargai Keberagaman

Keberagaman bukan sesuatu yang asing di negeri ini. Namun kerukunan juga bukan sesuatu yang baru di Indonesia. Karenanya, bertoleransi dalam hal-hal yang berbeda dan bekerja sama dalam hal-hal yang sama adalah kunci untuk tetap bersama meski berbeda. Jika hal ini dilakukan oleh masing-masing anggota masyarakat, siapapun dia, Indonesia akan selamat dari perpecahan yang mungkin saja diinginkan oleh kepentingan lain. (muf/smn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here