Inilah Bekal yang Harus Diketahui Pengantin Baru

151
Bekal yang Harus Diketahui Pengantin Baru

Suaramuslim.net – Menjalani hidup sebagai pasangan baru dalam pernikahan ternyata tidak mudah. Karena justru di awal pernikahan, gesekan karena perbedaan kebiasaan lebih banyak terjadi. Lalu bagaimana pengantin baru membangun rumah tangga di awal pernikahan?

Selain merupakan sunnah para Nabi dan para Rasul, menikah juga menjadi salah satu tanda-tanda kekuasaan dan karunia nikmat dari Allah azza wa jalla. Melalui pernikahan, manusia yang berpasangan laki-laki dan perempuan akan memulai menjalani kehidupan baru. Tentunya, bagi para calon pasangan yang akan menapaki kehidupan baru memerlukan persiapan yang matang untuk memiliki kehidupan rumah tangga yang harmonis.

Kehidupan rumah tangga harmonis, menjadi dambaan setiap manusia di muka bumi ini. Bagi pasangan yang baru saja menikah, pastinya masih membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi satu sama lain. Situasi dalam ikatan pernikahan akan terasa jauh berbeda, setelah menikah kedua mempelai akan dihadapkan kepada beberapa permasalahan di awal kehidupan baru mereka. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, berikut saya berikan beberapa tips untuk memulai kehidupan rumah tangga yang harmonis,

Menghindari Permasalahan Kecil dengan Komunikasi

Di awal pernikahan adalah masa-masa penyesuaian diri satu sama lain. Tak jarang, pasangan baru belum terbiasa dengan sikap dan kebiasaan pasangannya. Untuk itu, jangan terlalu mempermasalahkan hal-hal kecil. Jangan sampai hal-hal kecil menyebabkan pertengkaran hebat. Kuncinya adalah beradaptasi dan saling pengertian.

Sebuah komunikasi yang baik merupakan salah satu hal yang dapat menjadikan rumah tangga menjadi harmonis di awal pernikahan. Selain menjalin sebuah komunikasi yang baik satu sama lain, Anda bersama pasangan juga harus menjelaskan tentang apa yang kurang di dalam diri kepada pasangan.

Apabila ada sesuatu yang sebenarnya tidak disukai dari pasangan, katakanlah dengan jelas. Jangan sampai dipendam karena hal itu dapat menimbulkan pertengakaran dan juga kesalahpahaan di kemudian hari.

Tentukan Waktu Khusus untuk Berkencan

Meskipun sudah menjalani sebuah rumah tangga, tetapi ada baiknya Anda terus menjaga   sebuah hubungan yang baik antara satu sama lain dengan selalu meluangkan waktu berdua setiap saat. Selain membuat sebuah hubungan tampak semakin hangat, kencan juga dapat dijadikan sebagai sebuah media untuk mengenal kepribadian pasangan lebih jauh lagi yang belum terdeskripsikan selama ini.

Memahami Satu Sama Lain

Setelah menikah, Anda akan mengetahui berbagai hal baru dari pasangan. Pada saat memasuki bulan-bulan awal pernikahan, Anda akan menghabiskan waktu lebih banyak bersama dengan pasangan. Manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk mencoba saling memahami. Dengan demikian, Anda akan mengetahui setiap detail kecil mengenai kebiasaan, kesukaan, serta kebutuhan pasangan. Pahami kebiasaan suami, dan terus berusahalah untuk menerima sesuatu yang berbeda, karena perbedaan merupakan keniscayaan antarpasangan.

Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Hubungan Intim

Hubungan intim dengan pasangan, tidak diragukan lagi dapat menjadi pintu mediasi konflik suami istri. Tak ada salahnya meningkatan kuantitas dan juga kualitas hubungan intim tersebut, agar hubungan yang baru terjalin semakin harmonis.

Hindari Mengucapkan Kata Cerai

Dalam situasi seburuk apapun, jangan pernah mengucapkan kata ‘cerai’. Karena pernikahan bukan sekedar ikatan resmi di mata negara saja, namun juga melibatkan Allah subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, jangan pernah bermain-main dengan ikatan suci ini. Perceraian adalah hal yang sangat dibenci oleh Allah ta’ala. Dengan sering berkata ‘cerai’ akan membuat nilai pernikahan menjadi berkurang. Pasangan pun akan beranggapan, bahwa Anda tak sesungguhnya menghargai pernikahan yang telah dilakukan.

Itulah beberapa tips bagi pengantin baru untuk memulai kehidupan rumah tangga yang harmonis. Dengan membaca artikel ini, semoga para pasangan baru bisa meraih masa depan dan kebahagiaan bersama keluarga barunya. (muf/smn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here