Pencernaan Bermasalah, Lindungi dengan Cara Ini

48
Perncernaan Bermasalah, Lindungi dengan Cara Ini

Suaramuslim.net - Apa jadinya jika sistem pencernaan kita bermasalah? Imbas negatif akan segera dirasakan. Karena dampaknya pada kinerja tubuh. Bagaimana caranya agar sistem perncernaan tetap sehat? Berikut ulasannya!

Pencernaan merupakan organ tubuh yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya, karena setiap hari makanan dan minuman diolah dalam organ pencernaan lalu disalurkan ke seluruh tubuh untuk menjadi makanan bagi organ tubuh lainnya.

Perlu diketahui, bahwa mikroba yang berkembang di usus berjumlah 10 kali lebih banyak dari jumlah keseluruhan mikroba pada keseluruhan sel-sel di seluruh tubuh. Spesies mikroba di usus berfungsi untuk memecah makanan yang kita makan menjadi potongan-potongan kecil dan menyerap nutrisi ke dalam aliran darah.

Mikroba tersebut juga membantu detoksifikasi dan sistem kekebalan tubuh. Jumlah mikroba dalam usus harus sesuai dengan rasio 85:15. Apabila jumlahnya tidak sesuai dengan rasio tersebut, maka mikroba dapat bersifat patogen atau menyebabkan penyakit, seperti peradangan kronis di usus.

Ini Cara Melindungi Sistem Pencernaan

Sebetulnya, banyak cara mudah dan murah yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Diulas oleh situs manfaat.co, berikut tips jitu melindungi sistem pencernaan agar tetap sehat:

  1. Kunyah makanan dengan baik
    Semakin lama kita mengunyah makanan, maka semakin mudah makanan itu dicerna oleh tubuh dan juga dapat menghasilkan enzim lebih banyak. Mengunyah yang lama hingga makanan lembut adalah baik untuk pencernaan. Sehingga makanan tidak membebani usus. Mengunyah makanan ini ternyata sesuai dengan anjuran Rasulullah, “Hancurkan makananmu dengan dzikir. Jangan menelannya sebelum halus di mulut.”
  2. Konsumsi makanan berserat
    Tak hanya membantu sistem pencernaan, makanan berserat juga dapat mencegah penyakit seperti diabetes, penyakit jantung koroner, wasir, kanker usus besar, menurunkan kadar gula darah dan juga menurunkan kadar kolesterol di dalam saluran pembuluh darah. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah sumber utama serat.
  3. Minum 8 gelas air sehari
    Sistem pencernaan bisa berlangsung sangat lambat bila Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Air membantu pergerakan makanan, melarutkan makanan, mengatur konsentrasi makanan yang dicerna tubuh dan membantu penyerapan zat gizi oleh tubuh.
  4. Batasi asupan daging
    Konsumsi daging yang seimbang baik untuk tubuh sebab protein hewani dalam daging cukup besar. Hindari mengonsumsi daging merah terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan gangguan pada sistem pencernaan dan organ tubuh lainnya. Daging adalah bahan makanan yang susah untuk dicerna dengan cepat sehingga cenderung menumpuk di perut.
  5. Hindari makanan dan minuman yang dingin
    Makanan dan minuman yang sangat dingin menyebabkan kontraksi pilorus, katup yang memisahkan lambung dengan duodenum, sehingga memperlambat pergerakan makanan yang dicerna. Selain itu, lambung akan bekerja ekstra untuk menghangatkan makanan, sehingga makanan lebih lama tinggal di lambung.
  6. Jagalah kebersihan
    Jagalah kebersihan tangan dan makanan dari kuman-kuman merugikan bila Anda tidak ingin mengalami diare. Penyakit ini banyak terjadi, umumnya karena kurangnya kebersihan makanan dan minuman. Terkait menjaga kebersihan makanan Rasulullah bersabda,“Jika jatuh suapan (makanan) dari salah seorang diantara kalian, maka hilangkanlah kotoran yang terdapat padanya kemudian makan”. (HR. Muslim)
Baca Juga :  Semakin Sehat dengan Menjalankan Puasa Ramadhan

Sistem pencernaan manusia sangat berkaitan dengan organ-organ penting di dalam tubuh kita, untuk itulah selalu disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dan selalu mengonsumsi makanan sehat secara teratur karena pencernaan yang sehat akan mendukung daya tahan tubuh yang kuat. Yuk terapkan beberapa tips di atas. Semoga bermanfaat!

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here