PM Israel Tekan Presiden Brazil Agar Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

9
PM Israel Tekan Presiden Brazil Agar Pindahkan Kedubes ke Yerusalem
PM Israel Benjamin Netanyahu (Foto: Ist)

TEL AVIV (Suaramuslim.net) – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan dirinya akan menekan presiden Brazil, Jair Bolsonaro, untuk memindahkan Kedubes Brazil dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Pernyataan tersebut disampaikan beberapa saat sebelum Netanyahu bertemu dengan Jair di Brazil, Jumat (28/12).

-Advertisement-

Awal bulan November lalu, Presiden Brazil Jair sempat membicarakan rencananya tersebut kepada salah satu media Israel, Israel Hayom. Namun seminggu kemudian ia menarik ucapannya, dan menyatakan keputusannya tersebut belum final.

Seusai pertemuan, Netanyahu menyebutkan pertemuannya tersebut sebagai peristiwa bersejarah. Pasalnya itu adalah pertama kalinya Perdana Menteri Israel datang ke negara sepak bola tersebut.

Kedua kepala negara sepakat memperkuat kerjasama antar kedua negara. Namun demikian Brazil tidak mengumumkan pemindahan Kedubes mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem, sebagaimana yang diprediksikan oleh banyak pihak.

Netanyahu mengatakan Israel dapat membantu Brazil dalam bidang ekonomi, keamanan, pertanian dan sumber air.

Situs Reuters menyebutkan bahwa Presiden Brazil mengurungkan niatnya terkait pemindahan kedutaan karena mendapat tekanan dari pejabat di Kementerian Pertanian Brazil. Mereka melihat, kebijakan yang keliru terhadap Palestina akan berakibat pada sektor ekspor daging mereka ke negara Arab.

Baca Juga :  128 Negara Menentang Amerika Di PBB Terkait Yerusalem

Sumber: SPNA
Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.