Rencana Demonstrasi 30 September: Massa Belum Tampak, Jalan Semanggi Arah DPR Ditutup Polisi

Rencana Demonstrasi 30 September: Massa Belum Tampak, Jalan Semanggi Arah DPR Ditutup Polisi

Rencana Demonstrasi 30 September Massa Belum Tampak, Jalan Semanggi Arah DPR Ditutup Polisi
Gedung DPR RI yang berada di jalan Gatot Subroto (Foto: ANTARA)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Rencana demonstrasi mahasiswa tanggal 30 September di depan gedung DPR RI hingga kini pukul 13:30 WIB masih tampak sepi. Massa yang katanya terdiri dari mahasiswa dan pelajar belum tampak melakukan pergerakan ke area gedung DPR RI di Jl. Gatot Subroto.

Aliansi mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta tersebut menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK).

Namun aparat kepolisian, tak mau mengambil risiko. Sejak tadi pukul 09:00 WIB, jalan layang Semanggi menuju arah DPR/MPR RI ditutup oleh pihak kepolisian. Beberapa orang polisi juga tampak berjaga-jaga di bahu jalan.

Aksi demontrasi tanggal 30 September ini disebut-sebut lebih besar dari aksi mahasiswa seminggu sebelumnya. Sementara itu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia dalam postingan innstagramnya menyatakan akan kembali turun dalam aksi aliansi masyarakat pada Senin, 30 September 2019.

“Berbagai problematika terkait reformasi masih bergulir di negara ini, ke-7 tuntutan yang telah diajukan belum direspons secara memuaskan oleh pemerintah, ditambah respons aparat yang represif terhadap demonstrasi menyebabkan jatuhnya korban jiwa. Sebagai tanggapan lanjutan menghadapi masalah ini, BEM UI beserta Aliansi Masyarakat Sipil mengundang anggota IKM UI untuk menghadiri aksi damai,” tulis BEM UI dalam postingannya @bemui_official.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!