Gambar payung ddi bawah terik matahari. Foto: pixabay.com

Suaramuslim.net – Di tengah aktivitas padat, tidak hanya energi yang terkuras. Cairan dalam tubuh juga akan berkurang. Apalagi jika aktivitas dilakukan saat cuaca panas. Sehingga akan semakin rentan dehidrasi.  Dehidrasi merupakan kondisi yang tak boleh di sepelekan. Karena saat dehidrasi, tubuh berada dalam keadaan kekurangan cairan akibat berkeringat dan kurang minum air yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Salah satu yang perlu dilakukan adalah tetap menjaga asupan mineral yang cukup. Oleh karena itu, disarankan untuk terus menghidrasi tubuh dengan rajin minum air putih. Sebab, cuaca panas sangat rentan terhadapa kelelahan bahkan menimbulkan penyakit. Berikut ini, terdapat 4 cara agar badan terhindar dari dehidrasi berat.

1. Konsumsi air mineral

Foto: pixabay.com

Sebagaimana diketahui, orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2 liter per hari. Untuk aktivitas yang tergolong berat dan mengakibatkan banyak keringat seperti demo, minumlah lebih banyak air dari jumlah yang dianjurkan tersebut.

Selain air putih, kamu juga bisa minum air kelapa untuk mencegah dehidrasi. Air ini merupakan jenis cairan yang rendah kandungan karbohidrat dan mengandung potasium dengan kadar yang cukup tinggi. Selain mencegah dehidrasi, rasanya yang segar juga efektif dalam melepas dahaga.

2. Konsumsi makanan yang banyak mengandung air

Foto: pixabay.com

Selain mengonsumsi air mineral, kamu bisa mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan yang kaya air. Contoh buah-buahan yang mengandung banyak air adalah semangka, mentimur, buah pir, kiwi, dan apel.

3. Kurangi minum kopi

Foto: pixabay.com

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para ahli, kopi adalah minuman yang paling banyak menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Hal ini karena kandungan diuretik pada kopi mempengaruhi cairan pada tubuh. Meski kopi tidak menyebabkan dehidrasi berat, namun tetap perlu dibatasi konsumsinya, terlebih lagi jika kamu berada pada situasi yang berpotensi mengalami dehidrasi.

4. Gunakan perlengkapan yang mendukung

Foto: pixabay.com

Selain dehidrasi, beraktivitas di bawah sinar matahari juga membuat kulit lebih gelap. Jadi, pakai tabir surya sesering mungkin sebagai pelindung kulit. 

Kamu juga bisa menggunakan perlengkapan tambahan, seperti payung atau topi. Ini meningkatkan efektivitas pencegahan dehidrasi selama kamu beraktivitas di bawah terik matahari. Payung dan topi berdaun lebar mengurangi paparan sinar matahari yang menimbulkan sensasi panas di kulit yang menyebabkan berkeringat.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.