Saatnya Merawat Jiwa
Angsa putih dan bayangannya di air.

Suaramuslim.net – Saudaraku kita kembali berjumpa dengan hari Jumat, mari sejenak merenungi ayat-ayat yang Allah firmankan untuk menyujikan jiwa seperti terdapat dalam surat Asy-Syams ayat 7-10 berikut ini.

وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا

“Demi jiwa serta penyempurnaan ciptaan-Nya. Maka Dia (Allah) mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya. Sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa itu). Dan sungguh rugi orang yang mengotorinya.”

Sepertinya kegiatan bercermin beberapa kali sehari menjadi kebutuhan kita semua. Bercermin kita butuhkan untuk melihat secara saksama apa yang perlu kita bersihkan di wajah, apa yang perlu kita rapikan di pakaian.

Sadarilah, bercermin jiwa sungguh jauh lebih penting. Memperhatikan dengan teliti apa yang perlu dibersihkan dari jiwa, apa yang perlu dirapikan dalam jiwa, bahkan apa yang perlu diterapi dalam jiwa.

Rasa sakit di fisik cepat terasa dan cepat diobati. Tapi gangguan penyakit di jiwa, kelemahan-kelemahan jiwa, kotoran-kotoran jiwa, tidak cepat diobati, bahkan tidak terasa. Inilah indikasi kelemahan iman.

Karena itu, bercermin jiwa itu sangat penting. Kontrol jiwa itu sangat penting. Pembersihan jiwa, penguatan jiwa, terapi jiwa, senam jiwa, olah jiwa, konsumsi jiwa, semua itu bahkan lebih penting daripada perhatian yang berlebihan kepada fisik…!!!

BERSAMA KITA LEBIH OPTIMAL MERAWAT JIWA.

SEMANGAAAT…
JUMAT MUBARAK…!!!

Ya Rahman, bersihkan jiwa dan pikiran kami.

Renungan Jumat
11 Rajab 1441 H

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.