Salman Bin Abdulaziz Menjamu Direktur CIA, Ada Apa
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud bertemu dengan Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA), Gina Haspel, yang sedang berkunjung ke negaranya. (Foto: AFP)

RIYADH (Suaramuslim.net) – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud bertemu dengan Direktur Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA), Gina Haspel, yang sedang berkunjung ke negaranya. Pertemuan keduanya itu digelar setelah pengadilan AS mengumumkan dakwaan spionase terhadap tiga orang, termasuk dua warga Saudi.

Seperti dikutip AFP, pada Jumat (8/11) kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan pertemuan itu digelar di Riyadh pada Kamis (7/11) waktu setempat.

Pertemuan juga dihadiri sejumlah pejabat Saudi termasuk Menteri Luar Negeri Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan dan kepala intelijen Saudi, Khalid al-Humaidan.

Raja Salman dan Haspel ‘membahas sejumlah topik yang menjadi kepentingan bersama.’ Tidak dijelaskan lebih lanjut topik-topik tersebut.

Tetapi, diketahui bahwa kunjungan Haspel ini dilakukan setelah pengadilan AS mengumumkan dakwaan pidana terhadap tiga orang yang dituduh memata-matai para pengguna Twitter yang kerap mengkritik keluarga Kerajaan Saudi.

Tiga terdakwa yang terdiri dari dua warga Saudi dan satu warga AS itu diidentifikasi bernama Ali Alzabarah (35), Ahmad Abouammo (41) dan Ahmed Almutairi (30).

Baca Juga :  Pemerintah Indonesia Diminta Buat Perjanjian "Mandatory Consular Notification" Dengan Saudi

Abouammo yang merupakan warga AS telah ditangkap di Seattle, Washington pada Selasa (5/11) waktu setempat. Sementara Alzabarah dan Almutairi yang merupakan warga Saudi masih diburu dan diyakini kabur ke Saudi.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.