Daun sirih. Foto: sajiansedap.grid.id

Suaramuslim.net – Beberapa dari kita pasti pernah mendengar bahwa daun sirih banyak manfaatnya untuk kesehatan. Berbagai penelitian di bagian farmasi mengatakan daun sirih memang memiliki efek yang baik karena memiliki kandungan antiseptic di dalamnya.

Berbagai manfaat air rebusan daun sirih dipercaya bisa mengatasi beberapa masalah pada kesehatan. Adapun daun sirih adalah tanaman yang mengandung banyak air. Mengetahui manfaat daun sirih bisa berguna untuk kehidupan sehari-hari. Tumbuhan dengan nama ilmiah piper betle ini lekat dengan masyarakat Indonesia dan mudah ditemukan di pasar atau dibudidayakan di rumah.

Daun yang termasuk ke dalam keluarga tanaman Piperaceace ini berwarna hijau gelap dan berbentuk hati. Sirih sering dibudidayakan di Sri Lanka, India, Malaysia, Afrika Timur, Filipina, dan Indonesia. Jauh sebelumnya, di India bahkan sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak 400 SM. Tanaman merambat ini memiliki rasa yang kuat, menyengat, dan beraroma khas. Nah, berikut manfaat dari meminum air rebusan daun sirih.

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat air rebusan daun sirih dipercaya mengatasi rasa tidak nyaman pada perut. Caranya, minumlah air rebusan daun sirih. Konsumsi air rebusan ini membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, kamu juga bisa mengoleskan minyak daun sirih pada perut yang membuat perut terasa lebih nyaman.

2. Bersifat anti kanker

Daun sirih mengandung sejumlah phytochemical (bahan kimia tanaman yang meningkatkan kesehatan) yang memiliki manfaat melawan kanker. Daun sirih merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang menetralkan radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus penyebarannya ke berbagai organ tubuh.

Contohnya dengan mengunyah daun sirih diketahui dapat mencegah kanker mulut karena membantu menjaga kadar asam askorbat dalam air liur. Cara lain yang bisa dilakukan yakni meminum rebusan air daun sirih. Cukup dengan merebus 10 hingga 12 lembar daun sirih selama beberapa menit, saring, kemudian bisa tambahkan madu.

3. Meringankan sembelit

Daun sirih dapat membantu kinerja antioksidan untuk membersihkan radikal bebas dari tubuh. Mengembalikan tingkat PH normal dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengatasi sakit perut.

Dilansir dari Ayurveda, mengonsumsi air campuran daun sirih dapat meringankan sembelit. Caranya hancurkan daun sirih dan masukkan ke dalam air semalaman. Minumlah air di pagi hari saat perut masih kosong.

4. Menurunkan gula darah

Peneliti melaporkan bahwa minum air rebusan daun sirih, atau daun sirih yang dikeringkan kemudian digerus menjadi bubuk, bisa membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang baru terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati.

Manfaat daun sirih untuk diabetes ini datang dari kandungan antioksidan tingginya yang bisa mengurangi stres oksidatif penyebab kerusakan sel-sel tubuh pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Penelitian yang sama juga melaporkan bahwa daun sirih tidak mempunyai efek samping apapun yang perlu dikhawatirkan.

Meski begitu, ini bukan berarti daun sirih adalah satu-satunya pengobatan diabetes yang harus kamu jalani. Jika kamu telah diresepkan obat diabetes, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada risiko efek samping atau interaksi yang bertabrakan dengan kerja obat. Dauh sirih hanya dipakai sebagai pengobatan pendamping obat medis untuk mengendalikan gejalanya, bersama dengan mengubah pola makan dan rajin olahraga.

5. Meningkatkan nafsu makan

Menurunnya tingkat nafsu makan merupakan salah satu tanda dari gangguan perut. Kabarnya, daun sirih bisa mengembalikan tingkat pH normal pada lambung dengan membuang semua racun. Hasilnya, nafsu makan pun akan meningkat dan tentunya pada kesehatan.

6. Obat jerawat

Kadang, beberapa orang menggunakan rebusan daun sirih sebagai pembilas saat cuci muka demi mendapatkan manfaat daun sirih untuk wajah. Ini karena daun sirih mengandung antioksidan chavicol, zat antiradang, dan antibakteri yang bisa mengobati jerawat meradang serta rasa gatal-gatal di wajah yang mungkin diakibatkannya. Manfaat daun sirih untuk wajah juga dilaporkan dapat mengatasi bintik-bintik hitam.

Selain itu, kandungan antimikroba pada daun sirih dipercaya dapat membantu mengatasi alergi, gatal, dan bau badan. Untuk menggunakannya, hancurkan beberapa daun sirih dan ambil ekstrak jusnya. Kemudian, campurkan dengan sedikit kunyit. Setelahnya, kamu bisa mengoleskan di sekitar jerawat atau badan yang gatal. Namun, ada baiknya konsultasikan pada dokter dan ahli herbal untuk penggunaan lebih lanjut.

Chavicol pada daun sirih juga sering dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan seperti arthritis dan orkitis.

Benarkah daun sirih bermanfaat untuk organ kewanitaan?

Dilansir dari hellosehat, banyak produk pembersih yang mengiklankan manfaat daun sirih untuk kewanitaan. Namun begitu, vagina sebenarnya tidak perlu dibersihkan dengan sabun kewanitaan, vaginal douche, atau dibasuh dengan air rebusan daun sirih alami. Pasalnya, vagina sudah memiliki sistem pembersih otomatisnya sendiri.

Membersihkan vagina cukup dilakukan satu kali sehari dengan membilasnya pakai waslap yang dibasahi air dan sabun netral (tidak berpewangi dan tidak berbahan kimia keras), atau basuh dengan tangan. Langkah selanjutnya cukup dengan menjaga area kewanitaan agar selalu kering dan bersih, serta pakai celana dalam yang tidak ketat, dan pastikan juga bahannya dapat menyerap keringat dengan baik.

Jika kamu ingin mencuci vagina pakai sabun kewanitaan yang mengandung daun sirih, pastikan juga produk tersebut mengandung povidone iodine dan tidak berpewangi. Bersihkan area vagina dari arah depan ke belakang untuk menghindari kuman dari anus masuk ke vagina. Dan saat kamu menstruasi, sebaiknya kamu rutin ganti pembalut setidaknya 2-3 kali sehari.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.