Pemerintah Tetapkan Kuota Haji Tahun 2019, Ini Jumlahnya
Ilustrasi jemaah Haji (Foto: Istimewa)

JEDDAH (Suaramuslim.net) – Jemaah calon haji asal Indonesia yang tiba di Arab Saudi terus bertambah. Jumlahnya kini mencapai 142.638 orang dari 353 kelompok terbang (kloter). Dengan petugas sebanyak 1.765 orang.

Seperti yang dilansir dari laman resmi Kemenag, jemaah berangkat dari seluruh embarkasi di Indonesia. Seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Padang, Solo, Surabaya, Batam dan lainnya.

Ini berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag), Jumat (26/7), pukul 08.10 Waktu Arab Saudi (WAS).

Jemaah haji tiba melalui dua bandara. Yakni, Bandara Prince Mohammed bin Abdul Aziz, Madinah dan Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Adapun jemaah haji yang wafat kini sebanyak 20 orang. Rata-rata mereka menghembuskan napas terakhir akibat sakit.

Selain haji reguler, jemaah haji khusus juga telah tiba di Tanah Suci. Hingga kemarin, jumlahnya sudah sebanyak 5.888 jemaah. Mereka berasal dari 93 Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Tahun ini, kuota haji khusus mencapai 17 ribu dari 231 ribu yang diberikan Pemerintah Arab Saudi.

Baca Juga :  Sri Lanka Dapat Tambahan Kuota Haji, Ini Jumlahnya

“Jadi yang sudah tiba sampai sekarang 5.888 jemaah dari 93 PIHK,” jelas dia Kepala Bidang Penyelenggara Ibadah Haji Khusus Kemenag, Abdul Muhyi, Jumat (26/7).

Sesuai namanya, jemaah haji khusus memiliki perlakuan berbeda dari reguler. Mulai dari biaya, layanan akomodasi, katering hingga masa tinggal di Tanah Suci.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.