Survei Median: Hanya Massa Grassroot di Tiga Partai yang Mendukung Jokowi

Survei Median: Hanya Massa Grassroot di Tiga Partai yang Mendukung Jokowi

Periode Kedua Pemerintahan Jokowi akan Fokus Pembangunan SDM
Periode Kedua Pemerintahan Jokowi akan Fokus Pembangunan SDM (Foto: ANTARA)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Dalam Survei Media Nasional (Median) pada 1-9 Februari 2018 hanya ada massa akar rumput (grass root) dari tiga partai yang menjadi basis pendukung Jokowi. Partai tersebut yaitu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Kebangkita Bangsa (PKB).

Hanya ada 70,5  persen grassroot PDIP yang memili Jokowi, pendukung tersebar ada pada Nasdem yang mencapai 72,4 persen. Sedangkan PKB menempati posisi terakhir dengan 49,3 persen pendukung Jokowi.

Di samping itu, ada tiga massa akar rumput tiga partai yang paling sedikit memilih Jokowi. Posisi pertama diisi oleh PKS dengan jumlah 0,7 persen, kemudian disusul Gerindra sebesar 1,7 persen dan terakhir Partai Hanura sebesar 10,0 persen.

Massa grass root partai PKS memilih Anis Matta sebagai jagoannya dengan jumlah 45 persen. Sedangkan Partai Gerindra dan Partai Hanura masing memilih memilih Prabowo Subianto, dengan jumlah 69,5 persen untuk Gerindra dan 30,0 persen untuk Hanura.

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih. Sampel berjumlah 1.000 responden, dengan margin of error kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Oki Aryono

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!