Survei Poltracking: Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti di Pilgub Jatim

Survei Poltracking: Khofifah-Emil Ungguli Gus Ipul-Puti di Pilgub Jatim

Diiringi Shalawat, Pendaftaran Khofifah-Emil Dikawal Ratusan Pendukung
Khofifah-Emil saat melakukan pendaftaran ke KPUD Jatim (Foto: Suaramuslim.net)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Lembaga Survei Poltracking Institute pada hari Minggu (18/3) merilis hasil surveinya terkait Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur. Dalam survei tersebut, pasangan dengan nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak lebih unggul dibandingkan pasangan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno.

“Secara popularitas, Khofifah Indra Prawansa (85.3%) adalah kandidat terpopuler pada saat wawancara (pengambilan data dilakukan), disusul oleh Saifullah Yusuf (82.7%)” ujar Direktur Poltracking Institute Hanta Yuda pada Minggu (18/3) di Sari Pan Pacific Hotel, Jakarta.

Namun walaupun demikian, menurutnya potensi peningkatan elektabilitas para kandidat untuk tiga bulan ke depan masih terbuka lebar.

“Dengan pelaksanaan pilkada Jatim yang masih 3 bulan lagi, potensi peningkatan popularitas kandidat masih cukup terbuka” tambahnya.

Untuk calon wakil gubernur sendiri, Emil Elistianto Dardak lebih populer dengan jumlah 27,6 % dibandingan dengan Puti Guntur Seokarno yang hanya 21,3 %.

“Dalam pertanyaan terbuka (jawaban spontan) terhadap calon wakil gubernur tunggal (tidak berpasangan), Emil Elistianto Dardak (27.6%) terekam lebih kuat dalam ingatan publik, dengan elektabilitas lebih unggul dibandingkan Puti Guntur Soekarno”, ujar Poltracking sebagaimana dalam keterangan persnya kepada Suaramuslim.net pada Minggu (18/3).

Survei dilakukan dengan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam survei ini adalah 1200 responden dengan margin of error 2.8 % dan tingkat kepercayaan 95 %.

Pengambilan data survei (penentuan responden dan wawancara di lapangan) dilaksanakan pada 6-11 Maret 2018. Sedangkan metode pengumpulan data dengan mewawancarai secara tatap muka kepada responden yang terpilih.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!