Tadabbur Ayat Yaa Ayyuhannaas Surat Yunus 108
Al Quran

Suaramuslim.net– Para pembaca Suaramuslim.net, tahukah Kamu bahwa ayat-ayat di dalam Al Quran banyak yang menyeru kepada umat manusia seluruhnya. Ini merupakan bagian dari misi Islam sebagai rahmat bagi semesta alam. Di antara ayat yang menyeru seluruh manusia adalah di surat Yunus ayat 108 sebagai berikut.

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَكُمُ الْحَقُّ مِن رَّبِّكُمْ ۖ فَمَنِ اهْتَدَىٰ فَإِنَّمَا يَهْتَدِي لِنَفْسِهِ ۖ وَمَن ضَلَّ فَإِنَّمَا يَضِلُّ
عَلَيْهَا ۖ وَمَا أَنَا عَلَيْكُم بِوَكِيلٍ

“Katakanlah: “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu kebenaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu, sebab itu barangsiapa yang mendapat petunjuk maka sesungguhnya (petunjuk itu) untuk kebaikan dirinya sendiri. Dan barangsiapa yang sesat, maka sesungguhnya kesesatannya itu mencelakakan dirinya sendiri. Dan aku bukanlah seorang penjaga terhadap dirimu.”

Kandungan Surat Yunus Ayat 108

1. Ayat ini adalah seruan untuk seluruh manusia tanpa pandang agama, suku, ras, warna kulit dan bangsa.

2. Al Quran adalah kebenaran dari Rabb kita.

3. Al Quran adalah pedoman dan jalan hidup.

Baca Juga :  Tafsir Surat Al Qalam Ayat 4 ini Mengenai Rasulullah

4. Al Quran telah menerangkan segala permasalahan.

5. Barang siapa membaca, mempelajari dan mengamalkan Al Quran maka ia adalah orang yang mendapat petunjuk, beruntung dan sukses.

6. Barang siapa yang tidak membaca, mempelajari dan tidak mengamalkan Al Quran maka ia adalah orang yang sesat, celaka dan sengsara.

7. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah pemberi peringatan dan menyampaikan saja, Allah lah yang akan membalas semua amal kita kelak.

Khadimul Qur’an/Pelayan Al-Qur’an
Abdullah Sholeh Hadrami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.