Tata Trotoar Sudirman-Thamrin, Anies Berharap Jakarta Jadi Kota Ramah Disabilitas

Resmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru, Ini Harapan Anies Baswedan
Anies Baswedan (Foto: Idrusco)

JAKARTA (Suaramualim.net) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penataan jalan dan trotoar di kawasan Sudirman dan MH Thamrin untuk mewujudkan jalur pedestrian yang lebih ramah bagi para pejalan kaki.

“Dengan dimulainya program penataan ulang jalur pedestrian yang memadai di Jalan Jenderal Sudirman – MH. Thamrin, diharapkan ke depannya Jakarta akan berkembang menjadi kota yang ramah bagi pejalan kaki, pengguna sepeda, dan para penyandang disabilitas,” kata Anies sebagaimana yang dikutip dari ANTARA pada Selasa (6/3).

-Advertisement-

“Pemprov DKI Jakarta melakukan penataan ulang jalan dan trotoar di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman – Jalan MH. Thamrin. Adapun area penataan jalan dan trotoar yakni Patung Pemuda Membangun, Simpang Susun Semanggi, Patung Selamat Datang (Bundaran HI), Patung Kuda Arjuna Wiwaha,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat sosialisasi penataan di Balaikota Jakarta, Selasa.

Anies mengapresiasi penataan trotoar tersebut, karena sebagaimana tercantum dalam Pasal 45 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) trotoar merupakan fasilitas pendukung penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan di antara fasilitas-fasilitas lainnya seperti: lajur sepeda, tempat penyeberangan pejalan kaki, halte, dan fasilitas khusus bagi penyandang difabel dan para lanjut usia.

Penataan trotoar di koridor Jalan Jenderal Sudirman – MH Thamrin sendiri juga untuk  memperindah kawasan Jalan Jenderal Sudirman – MH. Thamrin sebagai jalan protokol utama di Jakarta dan meningkatkan citra Kota Jakarta, Ibukota Negara Indonesia dalam menyambut peserta Asian Games XVIII Tahun 2018, katanya.

“Penataan meliputi lajur busway, lajur kendaraan roda empat, lajur motor dan bus reguler atau bus wisata, trotoar dan kelengkapannya, penghijauan berupa pohon pohon peneduh dan taman,” tambah Anies.

Pembiayaan penataan trotoar berasal dari kompensasi pelampauan kelebihan lantai bangunan (KLB) PT MRT, PT Investama dan PT Mitra Panca Persada, katanya.

PT MRT Jakarta mengerjakan penataan trotoar di enam stasiun, kurang lebih 200 meter di setiap area stasiun. PT Kepland Investama mengerjakan penataan trotoar segmen Patung Kuda sampai dengan Kali Krukut dan PT Mitra Panca Persada mengerjakan penataan trotoar segmen Kali Krukut sampai dengan Patung Pemuda dan segmen Kartika Candra hingga Jakarta Convention Center.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Ahmad Jilul Qur’ani Farid

2 COMMENTS

    • Terima kasih atas kunjungan Anda di laman website kami.
      Jika Anda menginginkan informasi yang kami berikan secara aktual (update) silahkan kunjungi fanpage FB suaramuslim.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.