Teliti Rumput Teki, Tim Mahasiswa Unusa Lolos Program Wirausaha Mandiri Vokasi 2021

Teliti Rumput Teki, Tim Mahasiswa Unusa Lolos Program Wirausaha Mandiri Vokasi 2021

Mei Rista Eka Wardani dari Tim Mihantu (minuman herbal anti nyeri tubuh) dari program studi (Prodi) D3 Keperawatan Unusa.

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Dua judul yang diajukan tim mahasiswa vokasi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) berhasil lolos dalam Progam Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) tahun 2021.

Program ini diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek untuk mahasiswa vokasi.

Dua judul itu masing-masing; Mixed Mask (1 masker dengan 2 kegunaan), dan Mihantu (Minuman Herbal Anti Nyeri Tubuh).

Tim dari Mihantu (minuman herbal anti nyeri tubuh) terdiri dari Mei Rista Eka Wardani, Weny Mayrani dan Faisol ketiganya merupakan mahasiswa dari program studi (Prodi) D3 Keperawatan.

Salah satu anggota Mihantu, Mei Rista Eka Wardani menjelaskan, produk ini merupakan minuman yang terbuat dari tanaman herbal yang dapat dinikmati oleh semua umur. Minuman herbal anti nyeri tubuh berbahan dasar rimpang rumput teki, temulawak, biji pala dan gula batu.

“Jadi minuman ini dari bahan herbal yang mudah didapat dan bisa dikonsumsi semua usia, efeknya bisa menghangatkan tubuh serta menyehatkan,” ucap Riska, Sabtu (29/5) dalam rilis yang diterima Suaramuslim.net.

Dipilihnya rimang rumput teki (Cyperus rotundus L.) karena mengandung flavonoid yang berpotensi untuk mengurangi rasa nyeri.

“Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya efek analgetik dari ekstrak rumput teki,” ungkap Riska.

Sementara bahan temulawak (Curcuma zanthorrhiza) mengandung senyawa antiradang yang bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. Kandungan antiradang di dalamnya membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh seperti radang sendi.

Sedang biji pala (Myristica fragrans) mengandung banyak minyak atsiri esensial seperti myristicin, elemicin, eugenol dan safrole.

Menurut buku DK Healing Foods, minyak atsiri (pala) memiliki sifat antiinflamasi yang membuatnya berguna untuk mengobati nyeri sendi dan otot.

“Dengan minuman ini, kami berharap dapat membantu masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Terlebih mengatasi nyeri pada tubuh,” jelas Riska.

Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.