Agar Tidak Mudah Sakit Saat Musim Hujan Tiba

57
agar tak mudah sakit saat musim hujan

Suaramuslim.net – Ketika musim hujan datang, kerapkali membuat tubuh cenderung lebih mudah terserang penyakit. Bagaimana tips menjaga tubuh agar tidak mudah sakit saat musim hujan?

Sudah menjadi kebiasaan bahwa banyak orang mudah sakit saat musim hujan. Ruang tunggu dokter lebih penuh saat musim hujan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, musim hujan bisa menurunkan kondisi kesehatan seseorang.

Flu, batuk, pilek, demam, masuk angin, dan diare adalah penyakit langganan di saat musim hujan. Inilah beberapa tips agar Anda tetap sehat di tengah musim hujan. Berikut ini adalah tips agar tidak mudah sakit saat musim hujan.

Segera Mandi dan Keramas Saat Kehujanan

Sebisa mungkin ketika kita kena air hujan dan segera membersihkannya dengan mandi dan keramas. Karena partikel polusi ada pada air hujan dan kita tidak bisa menjamin kebersihannya. Air hujan juga membuat tubuh kedinginan. Mandi air hangat bisa menjadi solusi.

Usahakan Tubuh Selalu Hangat

Misalnya dengan memakai jaket atau sweater. Minum minuman hangat atau makanan yang hangat. Karena suhu dingin saat musim hujan bisa menurunkan daya tahan tubuh jika terpapar terlalu sering.

Tidur Cukup dan Tidak Begadang

Bagi orang dewasa minimal tidur 6-8 jam sehari. Jika terpaksa bagadang, gantilah dengan tidur siang. Jangan sampai kurang tidur kemudian kehujanan atau mandi air hujan. Tidur adalah fase di mana tubuh memperbaiki daya tahan tubuh dan meningkatkannya selama turun.

Rutin Berolahraga

Musim hujan jangan menjadi alasan tidak berolahraga. Selama musim hujan tetap rutin berolahraga. Banyak olahraga indoor yang bisa dijadikan pilihan. Misalnya gym, futsal, badminton dan lain-lain. Olahraga tetap membuat aliran darah lancar dan metabolisme tubuh tidak terhambat akibat udara dingin selama musim hujan.

Banyak Minum Air Putih

Air putih merupakan sarana detokfisiksi yang baik. Air bisa membantu melepaskan racun-racun dalam tubuh. Minum air minimal 8 gelas sehari dan usahakan membawa tempat minuman di mana saja Anda berpergian. Sehingga bisa minum kapan saja dan tidak sempat terjadi gejala awal dehidrasi.

Jaga Makanan

Musim hujan membuat bakteri dan kuman mudah tersebar dan penyakit infeksi menular menjadi lebih banyak kejadiannya. Anda perlu menjaga makanan dan memperhatikan sumber makanan. Pilih tempat makan yang bersih, jika layak dan cukup bersih Anda bisa memilihnya jika meragukan sebaiknya cari yang lain.

Jaga Kebersihan Rumah

Perhatikan kebersihan rumah, terutama genangan air dan saluran airnya. Musim hujam membuatnya mudah menjadi sarang penyakit atau sumber dan asal serangga atau hewan pembawa penyakit. Jaga kebersihannya agar anggota keluarga bisa terjaga dari kuman dan virus yang bisa menyerang kapan saja di musim hujan.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

SHARE

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.