Tiga Lokasi Wisata Belanja di Sidoarjo yang Patut Disambangi Saat Mudik
Salah satu IKM kerajinan tas dan batik Tanggulangin, Sidoarjo. (Foto: Akurat.co)

Suaramuslim.net – Selain jadi kota tujuan rantau, Sidoarjo juga menjadi salah satu kota utama tujuan mudik. Mudik lebaran memang seringnya dijadikan sebagai ajang untuk bertemu dengan saudara atau teman lama. Salah satu cara untuk menikmati libur lebaran di Sidoarjo adalah dengan berlibur bersama sahabat, teman lama, atau keluarga.

Kalau kota tujuan mudik Kamu adalah Sidoarjo, kali ini penulis punya beberapa rekomendasi destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat mudik lebaran di Sidoarjo nanti.

Sebagai salah satu penyangga Ibukota Provinsi Jawa Timur, Sidoarjo merupakan daerah yang tergolong mengalami perkembangan pesat. Keberhasilan ini dicapai karena berbagai potensi yang ada di wilayahnya seperti industri dan perdagangan, pariwisata, serta usaha kecil dan menengah dapat dikemas dengan baik.

Dengan adanya berbagai potensi daerah serta dukungan sumber daya manusia yang memadai, maka dalam perkembangannya, Sidoarjo mampu menjadi salah satu daerah strategis bagi pengembangan perekonomian regional. Berikut ini adalah beberapa lokasi wisata belanja yang terdapat di Sidoarjo yang patut disambangi saat mudik ke kota Sidoarjo.

Baca Juga :  Datang ke Kampanye Akbar di GOR Sidoarjo, Prabowo Disambut Shalawat

Sentra Tas Tanggulangin

Sentra Tas Tanggulangin Sidoarjo merupakan pusat penjualan tas wanita. Tas-tas yang diproduksi di tempat ini sudah sering diimpor ke luar negeri. Namun, pengunjung domestik jangan takut terhadap harganya, sebab para penjual akan sangat bersahabat dengan wisatawan domestik yang ingin berbelanja tas di sentra Tas Tanggulangin.

Tempat ini berlokasi di jalan Desa Kludan, tidak hanya terdapat satu atau dua kios penjual tas, namun hampir di sepanjang jalan telah dipenuhi oleh toko yang menjual tas-tasnya yang mempesona dengan harga bersaing. Sukses memenuhi standar kualitas tas di pasar dunia, membuat handmade bag dari Tanggulangin banyak diminati masyarakat mancanegara.

Batik Tulis Kenongo Tulangan

Lokasi wisata belanja selanjutnya adalah Sentra Batik Tulangan terletak Desa Kenongo, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, 17 km dari “pusat kota” Sidoarjo. Daerah ini ternyata memasok sebagian besar produksi batik Sidoarjo. Maka tampaklah bahwa batik tulis Sidoarjo memang sebuah pasar luas yang ditopang oleh industri rakyat yang kuat. Kalau di Pasar Jetis ada unsur heritage dalam desainnya, maka batik-batik tulis modern disuplai dari kawasan-kawasan seperti Tulangan ini.

Baca Juga :  11 Keunikan Negara Phlegmatis

Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis terletak di pusat kota atau tepatnya di jalan Diponegoro Sidoarjo, Kamu bisa dengan mudah menemukan lokasinya. Batik tulis bermotif burung merak ini merupakan salah satu batik khas Sidoarjo. Karena terletak di pusat kota atau tepatnya di Jalan Diponegoro, Sidoarjo, sentra batik ini bisa dengan mudah ditemukan.

Selain itu, di gapura masuknya terdapat tulisan ‘Kampung Batik Jetis’ super besar, sehingga bisa mempermudah wisatawan untuk berwisata belanja. Dalam tempat ini terdapat banyak warga yang menjual hasil karya batiknya di rumah masing-masing dengan pilihan harga yang bervariasi. Selain bisa berbelanja batik, di lokasi ini Kamu juga bisa melihat secara langsung kegiatan melukis batik di atas kain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here