Tips Memilih Sekolah yang Tepat untuk Ananda

Tips Memilih Sekolah yang Tepat untuk Ananda

Suaramuslim.net – Akhir-akhir ini, sebagian besar sekolah seakan berlomba menunjukkan keunggulan terbaiknya. Hal ini beriringan dengan kemampuan ekonomi masyarakat yang kian membaik. Merogok saku lebih dalampun rela dilakukan orangtua demi menyekolahkan anaknya. Tips ini akan membantu Anda memilih sekolah untuk Ananda.

Bagaimanapun juga sekolah, terutama pendidikan dasar merupakan “investasi jangka panjang” bagi masa depan anak-anak tersayang. Hal itu menjadi alasan utama para orangtua berani menanggung biaya yang mahal, bahkan sangat mahal untuk “membeli” pendidikan yang berkualitas.

Psikolog dan pengamat pendidikan anak, Seto Mulyadi, mencatat sejumlah poin kriteria yang bisa menjadi acuan orangtua dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak. Menurut Kak Seto, kriteria-kriteria ini perlu diperhatikan dengan baik.

Perhatikan Visi – Misi Sekolah

Lihat visi misi sekolah tersebut. Visi misi sekolah akan menentukan kurikulum yang digunakan. Sesuaikan visi misi sekolah tersebut dengan pandangan pendidikan di keluarga dan harapan orangtua, agar proses pendidikan antara orangtua dan sekolah bisa sinergi satu sama lain.

Baca Juga :  Beraktivitas Asyik Kala Ramadhan

Memenuhi Kebutuhan Individual Anak 

Sekolah yang seperti ini biasanya melakukan pembedaan cara pengajaran, misalnya memberikan tugas yang lebih sulit untuk anak yang sudah lebih advanced atau menerangkan dengan menggunakan alat bantu gambar untuk anak yang memiliki gaya belajar visual.

Membantu Pencapaian Jangka Panjang Anak

Artinya sekolah harus memiliki nilai-nilai yang sama dengan orangtua. Misalnya bila orangtua menginginkan anak memiliki kemandirian, apakah sekolah tersebut melakukan hal-hal yang bisa membuat anak mandiri atau selalu membantu anak dalam melakukan segala sesuatu sehingga tidak melatih kemandirian anak.

Hal ini bisa dilihat pada saat kunjungan ke sekolah.  Selain berbicara dengan kepala sekolah, sempatkan untuk berbicara dengan guru, murid, atau mungkin orangtua lain yang ada di sekolah.

Perhatikan Lingkungan Sekolah

Perhatikan kondisi sekolah dan lingkungan di sekitarnya, termasuk kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah. Anda harus mempertimbangkan kemampuan sekolah untuk mendukung proses belajar-mengajar yang menyenangkan bagi anak. Jangan lupa perhitungkan jarak sekolah dari rumah. Jangan sampai terlalu jauh sehingga anak lelah di jalan dan tidak semangat belajar.

Baca Juga :  Ide Kecil Agar Ibu Bahagia dalam Mendidik Anak

Perhitungkan Kemampuan Finansial

Biaya masing-masing sekolah sangat beragam, mulai dari yang murah hingga yang sangat-sangat mahal. Pikirkan matang-matang kemampuan finansial Anda untuk membayar segala biaya yang dibutuhkan, baik uang pangkal maupun uang bulanan ke depannya. Pastikan Anda memiliki sumber-sumber dana yang cukup untuk konsisten membayar ke depannya.

Seto Mulyadi juga menambahkan, bahwa di masa kini, pertimbangannya bukan lagi sekadar biaya mahal menentukan kualitas. Orangtua harus cerdas melihat seberapa besar dampak yang bisa diberikan sekolah bagi pertumbuhan kecerdasan kognitif dan emosional anak dengan seimbang. Yang jelas, sekolah berkualiatas, tidak selalu mahal.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.