Tips Putihkan Ketiak dengan Bahan Dapur

Suaramuslim.net – Siapa sangka bahan-bahan dapur selain berfungsi untuk memasak ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Tak terkecuali bahan-bahan dapur ini yang dapat digunakan untuk mengatasi ketiak dengan permukaan kasar dan menghitam. Apa saja bahan-bahan tersebut?

1. Madu dan timun

Kandungan air dan serat yang tinggi dalam timun dapat Anda gunakan dengan cara mengusapkan sepotong mentimun ke ketiak yang sedang bermasalah. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan madu. Madu mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk perawatan kulit, termasuk wajah dan ketiak. Jika kedua bahan ini dikombinasikan, akan memberikan dampak yang baik pada ketiak. Mengapa? Karena nutrisi di dalamnya mampu menyehatkan kulit ketiak dan membantu membersihkan ketiak yang hitam. Selain itu, madu juga akan membuat kulit ketiak lebih lembut.

Caranya adalah dengan menumbuk setengah buah timun yang sudah dikupas dengan tekstur masih kasar, lalu campurkan 2 sendok makan madu. Gosokkan di ketiak seperti scrubbing. Setelah digosok selama 3 menit, biarkan campuran tersebut meresap di ketiak selama 10 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat.

2. Cuka dan baking soda

Meskipun tidak memberikan hasil yang instan, jika Anda telaten dalam menggunakan bahan dapur ini, ketiak Anda akan kembali mulus dan tidak menghitam. Caranya yaitu siapkan 3 sendok makan cuka putih dan 2 sendok makan baking soda. Campurkan kedua bahan tersebut hingga mengental. Setelah itu, oleskan di kedua ketiak selama 15 menit. Setelah 15 menit, bersihkan ketiak dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari setelah mandi.

3. Lemon

Terdapat 3 cara memutihkan ketiak dengan menggunakan lemon yang dapat Anda praktekkan, yaitu:

Perpaduan lemon dan lotion

Deodoran mengandung alkohol yang dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada ketiak. Anda dapat menggantinya dengan mengoleskan potongan lemon pada ketiak. Kemudian gunakan lotion karena lemon juga bisa menyebabkan kulit ketiak menjadi kering.

Perpaduan lemon, timun, dan kunyit

Cara yang dapat Anda lakukan yaitu mengiris tipis timun dan mengoleskannya ke ketiak atau memarutnya hingga halus dan mencampurkannya dengan kunyit dan sari lemon. Anda dapat menggunakannya sekali atau dua kali setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

Perpaduan lemon, tepung, yogurt, dan kunyit bubuk

Cara membuat ramuan ini yaitu dengan mencampurkan lemon, tepung, yogurt, dan sedikit kunyit bubuk hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan di ketiak dan diamkan selama setengah jam. Untuk hasil yang lebih cepat, gunakan campuran ini setiap hari selama dua minggu lalu dikurangi menjadi tiga kali dalam seminggu hingga ketiak terlihat putih bersinar.

4. Kentang

Dikutip dari www.healthkart.com, kulit ketiak yang menghitam disebabkan oleh sel kulit yang mati. Namun tidak perlu khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan melakukan scrub kulit ketiak, dan kentang adalah salah satu solusi alami yang bisa Anda gunakan.

Caranya adalah menggunakannya langsung sebagai masker yang digosok-gosokkan di ketiak dengan memotongnya tipis-tipis. Adapun cara lain yang dapat Anda praktekkan, yaitu dengan memarut kasar kentang dan meletakkannya sebagai masker selama 5 – 10 menit di ketiak, kemudian menggosok-gosokkannya.

Anda juga bisa menggunakan tawas. Setelah penggunaan kentang, cuci bersih ketiak lalu gosokkan tawas di ketiak Anda. Tawas berfungsi untuk menyerap kelembapan ekstra dan mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau badan di ketiak.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu memutihkan ketiak. Kandungan vitamin E pada minyak kelapa tidak hanya baik untuk rambut dan kulit, akan tetapi juga bisa membantu mencerahkan warna ketiak. Langkah yang perlu Anda ikuti yaitu dengan memijat pangkal lengan dengan menggunakan minyak kelapa selama kurang lebih 10-15 menit, kemudian mandi seperti biasa.

 

Suara Muslim

Suara Muslim adalah jejaring media, menyajikan ragam materi yang mencerahkan, menyejukkan dan menyatukan secara on air, off air dan online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan
Bagikan