Tuan Guru Bajang: Politik Adalah Ranah Dakwah

114
Tuan Guru Bajang

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Muhammad Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) mengajak umat berbuat baik di ranah apapun, karena nanti Allah yang akan menempatkan dalam ranah pengkhidmatan apapun, dalam kondisi terbaik pula. Ia mengutip sabda Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam “i’maluu fa kullun muyassarun lima khuliqa lahu”. “Anda berbuat saja yang terbaik, dan semua manusia itu dimudahkan untuk apa yang ditetapkan untuknya”, jelasnya.

Hal ini disampaikan TGB dalam talkshow Bincang Khusus bersama Gubernur NTB yang dilaksanakan Suara Muslim Radio Network Sabtu malam (10/02/18) di Surabaya.

TGB menjadi salah satu contoh pemimpin Islam yang berasal dari kalangan ulama dan berprestasi selama memimpin daerah Nusa Tenggara Barat. Ia tidak menampik adanya upaya kelompok tertentu untuk memisahkan antara agama dan politik, namun baginya politik adalah bagian dari ranah dakwah.

“Dalam Islam tidak ada dikotomi antara ranah kebangsaan dan keagamaan, bahkan bagi saya politik itu adalah salah satu ranah dakwah yang sangat penting karena berkaitan dengan kebijakan”, ujar Gubernur yang mendapatkan Leadership Award 2017 dari Kemendagri ini.

Menurutnya, jika kita melihat pada masa Rasulullah, sisi politis dalam arti perumusan kebijakan, mengatur negara, membangun suatu peradaban, justru itu hal-hal pokok yang dilakukan Rasulullah. Selain tentu menanamkan tauhid dan mendidik masyarakat untuk cinta menjalankan ibadah kepada Allah.

“Politik itu seperti wadah”, terang TGB,  “ia bergantung pada isinya”, lanjutnya. “Kalau isinya baik dia akan jadi wadah yang bermanfaat. Tapi kalau isinya tidak baik, tentu wadah itu tidak ada artinya bagi manusia dan peradaban”, tegasnya.

Reporter: Muhammad Nashir
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here