Upaya Memulangkan Rohingya dengan Aman ke Myanmar
Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina (Foto: The Daily Star)

COX’S BAZAR (Suaramuslim.net) – Perdana Menteri India dan Bangladesh telah sepakat tentang perlunya upaya lebih besar untuk memfasilitasi pengembalian yang aman dari ratusan ribu pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari kekerasan di Myanmar dan mengungsi di Bangladesh.

Seperti yang dilansir DhakaTribune, hal itu disampaikan dalam sebuah pernyataan bersama dengan PM India Narendra Modi, Sabtu (5/10).

Selama kunjungan ke India, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, mengatakan bahwa dia dan Perdana Menteri India setuju bahwa langkah-langkah tersebut harus mencakup peningkatan keamanan dan kondisi sosial ekonomi di negara bagian Rakhine Myanmar.

“India akan memberikan bantuan kemanusiaan tambahan untuk membantu para pengungsi yang tinggal di kamp-kamp di Bangladesh,” menurut pernyataan itu.

Krisis pengungsi terbesar di Asia dalam beberapa dekade ini, sekitar 700.000 Muslim Rohingya telah berlindung di Bangladesh. Kedua pemimpin juga menandatangani perjanjian tentang keamanan, energi dan transportasi.

Kedatangan Hasina ke India untuk menyoroti bahwa rakyat Bangladesh sedang menunggu implementasi perjanjian 2011 untuk berbagi air dari sungai Teesta, yang mengalir dari India ke Bangladesh.

Baca Juga :  Jokowi Sampaikan Isu Rakhine di Retreat KTT ASEAN

Modi mengatakan kepadanya bahwa pemerintahnya bekerja dengan semua pemangku kepentingan di India untuk implementasi perjanjian tersebut.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.