Guntur Romli: UBN Pejuang Khilafah Kini Dukung Prabowo-Sandi
Ustadz Bachtiar Nasir (Foto: Suaramuslim.net)

Suaramuslim.net – Nama Ustadz Bachtiar Nasir tidaklah asing, terutama bagi kita yang aktif mengikuti Aksi Bela Islam yang didorong karena kasus penistaan agama. Siapakah Ustadz Bachtiar Nasir sesungguhnya? Berikut ulasannya.

Ustad Bachtiar Nasir adalah tokoh ulama yang namanya melejit setelah terbentuknya GNPF MUI untuk mengawal kasus penistaan agama oleh Ahok. Ustadz yang dikenal sebagai orator ulung itu adalah salah satu tokoh ulama yang berada di garda depan dalam aksi bela Islam yang dilangsungkan di Jakarta dan beberapa tempat lain. Pidatonya yang berapi-api selalu membakar semangat orang yang mendengarnya.

Ustadz Bachtiar Nasir dilahirkan pada 26 Juni 1967. Pria kelahiran Jakarta ini merupakan lulusan dari Pondok Pesantren Gontor Ponorogo dan alumni Ponpes Daarul Huffazh Bone Sulawesi Selatan. Selain menempuh ilmu agama di kedua pondok besar tersebut, beliau juga menempuh pendidikan di Madinah Islamic University di Arab Saudi.

Pria yang juga dikenal dengan sebutan UBN (Ustadz Bachtiar Nasir) termasuk sosok yang terdepan, terbukti dalam aksi bela Islam yang dilangsungkan di Jakarta beberapa waktu silam ia selalu berada di garda depan, memimpin dan menyemangati peserta Aksi Bela Islam tersebut.

Baca Juga :  Redam Kegaduhan, MUI Minta Video Wanita Pembawa Anjing Tidak Disebarkan

Aktivitas UBN tak hanya berhenti di situ, ia aktif menjadi pembela Palestina di Indonesia melalui berbagai forum yang ada. Ustadz Bachtiar Nasir juga aktif sebagai Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) sejak 2010 sampai sekarang. Beliau juga pernah menjadi Pengurus Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI), anggota Pengurus Pusat Muhammadiyah dan Ketua Alumni Saudi Arabia se-Indonesia. Selain itu, Ustadz Bachtiar Nasir juga menjadi Ketua Alumni Madinah Islamic University se-Indonesia. Sejak 2008, Ustadz Bachtiar Nasir juga menjadi Pemimpin Ar-Rahman Qur’anic Learning (AQL) Center dan Pemimpin Pesantren Ar-Rahman Quranic College (AQC).

Karya Ustadz Bachtiar Nasir

Yang tidak kalah istimewa dari seorang Bachtiar Nasir adalah kemampuannya dalam menulis. Beberapa buku karyanya adalah, Tadabbur Al-Qur’an, Panduan Hidup Bersama Al-Qur’an, Anda Bertanya Kami Menjawab Bersama Ustadz Bachtiar Nasir dan Masuk Surga Sekeluarga.

Tak hanya aktif dalam menulis buku, Ustadz Bahctiar Nasir juga sering mengisi berbagai kajian di stasiun televisi nasional dan menjadi juri dalam Acara Hafidz Indonesia bersama Ustadz Amir Faishol Fath dan Syeh Ali Jabeer. Demikian ulasan mengenai biografi UBN.

Baca Juga :  MUI: Serangan Bom di Gereja Sri Lanka Tidak Beradab

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.