Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Dikutip dari dosenpsikologi.com, insecure dalam psikologi jika kita artikan merupakan sebuah upaya dari adanya emosi yang terjadi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Kemudian mengenai suatu aspek tertentu yang terjadi di dalam kehidupan kita yang bisa kita anggap sebagai kehidupan yang relevan, serta hal-hal yang menjadi penilai dapat menimbulkan negatif di dalam perasaan yang kita miliki.

Dalam hidup ini kita terkadang menganggap inferioritas merupakan hal yang membuat kita tidak mampu menghadapi suatu tantangan yang kita anggap tidak memenuhi standar tertentu dari diri orang lain maupun diri kita sendiri.

Berhubungan dengan orang insecure bisa menjadi sangat merepotkan. Orang-orang ini tidak bisa merasa nyaman pada diri mereka sendiri, maka mereka juga tidak bisa membuat orang lain merasa nyaman saat bersama mereka. Yuk kenali tanda-tanda kita mengalami insecure.

1. Gampang tersinggung

Hal ini terjadi karena orang-orang tersebut terlalu mendengarkan orang lain, mereka selalu mengira bahwa setiap orang sedang membicarakan dirinya. Mereka terlalu sensitif sehingga orang lain harus berhati-hati saat berbicara dengannya. Karena bila mereka sudah tersingung, mereka akan terus memikirkannya berulang-ulang. Itu sebabnya orang insecure cenderung baper.

2. Memandang diri sendiri rendah

Orang yang sedang insecure menilai diri mereka tidak lebih baik dari orang lain. Mereka sadar bahwa kepercayaan diri mereka sedang turun dan tentu akan sangat memengaruhi kehidupan mereka. Dengan kepercayaan diri yang menurun ini tentu akan menghambat dia dalam melakukan apa pun.

3. Enggan keluar dari zona nyaman

Enggan untuk keluar dari zona nyaman dan berpikir out of the box merupakan salah satu tanda orang yang insecure. Hal ini bisa dipengaruhi oleh pengalaman di masa lalu seperti pengalaman ketika ditolak, dikhianati atau pun pengalaman buruk lainnya yang mendatangkan ketakutan tersendiri bagi mereka.

Tentunya ketakutan-ketakutan ini menghambat mereka yang seharusnya bisa mengembangkan diri. Ada masanya kamu harus benar-benar mengubur pengalaman-pengalaman buruk dan belajar dari itu ya.

4. Merendahkan orang lain

Orang insecure suka sekali mencari perhatian dengan cara merendahkan orang lain. Tujuannya adalah agar mereka terlihat hebat dan punya sesuatu untuk dipandang, atau iri hati. Hal ini dilakukan agar mereka bisa memberi pembuktian bahwa ada yang lebih buruk daripada mereka. Biasanya mereka menyerang dengan cara membuat orang lain merasa malu.

5. Sering membandingkan diri dengan yang lain

Membandingkan diri dengan orang lain memang bisa menjadi stimulus untuk sebagian orang yang ingin menjadi lebih baik. Namun bagi mereka yang sedang merasa insecure, ini merupakan kebiasaan yang buruk karena dengan membandingkan diri dengan orang lain akan menambah tingkat ketidakpercayaan diri.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.