Sayur terong. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Kita tahu bahwa sayuran memiliki segudang nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsinya dalam keadaan mentah dan segar tentu akan mempertahankan nutrisi tersebut.

Tapi nyatanya, tidak semua sayuran baik dikonsumsi dalam kondisi mentah, lho!

Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi sebelum melewati proses masak, dapat memicu terjadinya masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah pencernaan. Lantas, apa saja makanan yang yang tidak boleh dikonsumsi mentah?

1. Kentang

Kentang menjadi salah satu makanan yang yang tidak boleh dikonsumsi mentah. Jadi, jangan sekali-kali mencoba memakan kentang secara mentah, ya! Pasalnya, kentang mentah bisa membahayakan saluran pencernaan dan menimbulkan masalah pada perut, seperti perut kembung dan masalah gastroenteritis.

Hal-hal tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan zat tepung dalam kentang yang sulit dicerna oleh tubuh. Jika makanan mentah tidak tercerna dengan baik, serangkaian gejala akan muncul.

Kentang sendiri merupakan makanan yang dapat berubah warna menjadi hijau dan mengeluarkan zat racun bernama solanine dalam perut.

2. Daun rhubarb

Daun rhubarb mengandung racun yang disebut asam oksalat. Hal ini akan membuat kerusakan ginjal hingga kematian. Salah satu gejala keracunan sayuran ini yaitu kesulitan bernapas, terbakar di mulut dan tenggorokan, mual, muntah, sakit mata, perut dan urin berwarna merah.

3. Kecambah

Walaupun di Indonesia kecambah digunakan untuk lalapan, banyak kandungannya yang membahayakan. Kecambah mentah menjadi tempat bakteri yaitu salmonella, E. coli dan listeria.

Pada tubuh yang kurang fit, kamu akan merasakan sakit perut. Oleh sebab itu, kamu bisa membeli kecambah di tempat yang bersih dan mencucinya dengan benar.

4. Jamur

Jamur dianggap sebagai makanan dan obat-obatan, ini karena jamur dapat mendukung pertahanan alami tubuh.

Prevention berpendapat, jamur memiliki dinding sel yang sangat keras dan pada dasarnya tidak dapat dicerna jika tidak memasaknya.

Jamur mentah mengandung sejumlah kecil racun, termasuk senyawa yang dianggap karsinogen dan dapat mengganggu sistem pencernaan.

Jadi jangan pernah menyantapnya dalam keadaan mentah. Sebaiknya jamur dimasak dahulu agar tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

5. Kacang merah

Kacang merah memang merupakan salah satu sumber protein dan serat yang sangat baik, khususnya bagi vegetarian. Namun jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, kacang merah mengandung racun dan dapat menyebabkan gejala yang menunjukkan keracunan makanan.

Dilansir dari Livestrong racun dalam kacang merah disebut phytohaemagglutinin atau lektin. Makan sedikitnya 4 atau 5 kacang merah mentah sudah cukup untuk menyebabkan gejala.

Untuk itu, sebaiknya rendam kacang merah kering dalam air setidaknya lima jam dan rebus selama 30 menit supaya lebih aman agar tidak beracun.

6. Terong

Sama seperti kentang, terong mentah memiliki zat beracun yang bernama solanine, yaitu zat racun yang diproduksi secara alami oleh tumbuhan. Tidak main-main, saat dikonsumsi dalam jumlah yang besar, kandungan racun ini dapat membuat seseorang keracunan dan mengalami gangguan kesehatan lainnya. 

7. Singkong

Tahukah kamu bahwa singkong mentah memiliki kandungan zat sianida? Makanan mentah yang satu ini mengandung zat berbahaya sianida. Meski kandungannya sedikit, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, bukan hal yang tidak mungkin jika sianida akan menjadi racun yang membahayakan tubuh. 

8. Sosis

Walaupun sosis termasuk makanan yang sudah diproses, tetapi ia tidak boleh dimakan mentah-mentah. Banyak orang yang salah tentang hal ini.

Menurut Food and Drugs Association (FDA), dalam kemasannya, sosis bisa terkontaminasi oleh bakteri Listeria. Kamu hanya bisa membunuhnya saat dipanaskan.

9. Susu

Ya benar, susu mentah. Yang dimaksud adalah kita tidak boleh meminum susu yang baru saja diperah. Tubuh kita berbeda dari anak sapi yang tidak akan keracunan mengonsumsinya.

Susu yang belum diproses mengandung banyak bakteri jahat seperti Salmonella dan E.Coli. Itulah kenapa setelah diperah, susu harus melalui proses pemasakan dan pasteurisasi agar aman diminum.

10. Madu

Madu dapat memberikan segudang manfaat baik bagi tubuh, jika dikonsumsi saat matang. Ketika madu dikonsumsi saat mentah, madu memiliki kandungan grayanotoxin yang berbahaya bagi tubuh. Alih-alih sehat, kamu justru akan merasa sangat lemas, mual, muntah, hipertensi, pusing, bahkan kehilangan kesadaran. 

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.