Bunga Lavender. Foto: pixabay.com

Suaramuslim.net – Nyamuk merupakan serangga yang bisa sangat menyebalkan, karena dapat membuatmu gatal-gatal akibat gigitannya dan mengganggu tidur kamu di malam hari. Selain itu, nyamuk juga dapat membawa penyakit berbahaya seperti demam berdarah, malaria dan lainnya.

Ada beberapa cara untuk mengusir nyamuk, yakni dengan memanfaatkan obat nyamuk, lotion anti nyamuk, dan lainnya. Nah, sebenarnya ada cara yang paling mudah lho untuk menghindari ganasnya nyamuk di rumah, yakni hanya dengan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu pakai dan tanam di pekarangan atau di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini sudah sejak lama dipercaya khasiatnya dalam mengusir nyamuk, membunuhnya, bahkan bisa mempercantik dan membuat ruangan lebih estetik lho. Yuk, intip tanaman pengusir nyamuk di bawah ini!

1. Serai wangi

Foto: beritasatu.com

Sereh atau serai wangi adalah tanaman perdu yang sering digunakan ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan. Tanaman serai wangi selain berguna untuk campuran bumbu masakan, ternyata juga mampu membuat nyamuk minggat dari rumah dikarenakan mengandung sitronnellol dan geraniol yang banyak. Kandungan tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.

2. Lemon balm

Foto: Liputan.com

Tanaman herba bernama lemon balm berasal dari keluarga mint Lamiaceae dan pertama kali ditemukan di Eropa, Afrika Utara, Asia Tengah, dan Mediterania. Di Indonesia, lemom balm digunakan untuk makanan, minuman, dan bahan obat. Salah satu kehebatan dari lemon balm adalah kemampuannya untuk mengusir nyamuk yang ada di sekitar rumah.

3. Lavender

Foto: Grid.id

Mari kita mulai dari pilihan tanaman pengusir nyamuk yang paling cantik. Kamu pasti pernah dengar bahwa ekstrak lavender digunakan untuk produk pengusir nyamuk, bukan. Ya, faktanya aroma lavender yang dihasilkan dari zat linaloor dan linalyl ini tidak disukai nyamuk.

Untuk manusia, aroma dari bunga lavender malah bisa menenangkan. Kamu bisa menanam lavender di depan rumah atau membawanya masuk ke dalam dengan pot. Dijamin, warna ungu lavender cocok dengan berbagai perabotan yang ada.

4. Catnip

Foto: nasional.republika.co.id

Pada dasarnya, tanaman ini lebih sering dimanfaatkan hewan peliharaan kucing. Aroma catnip mampu merangsang kucing supaya lebih aktif bergerak. Dengan begitu, kucing kamu jadi mau bergerak ke sana-sini dan makan yang banyak.

Di sisi lain, aroma catnip tidak disukai oleh nyamuk. Sudah ada penelitian tentang catnip yang mengandung minyak esensial nepetalactone yang mampu mengusir nyamuk. Kamu bisa menanamnya di belakang rumah dan mudah dijangkau oleh kucing.

5. Bawang putih

Foto: Pixabay.com

Tahukah kamu, bawang putih merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang paling ampuh? Baunya yang khas membuat nyamuk enggan dekat-dekat dengan tanaman ini. Bawang putih memang tanaman yang luar biasa karena mudah ditemukan, mudah ditanam, dan banyak gunanya pula.

6. Kemangi

Foto: manado.tribunnews.com

Kamu bisa mendapatkan masakan yang enak plus rumah yang bersih dari nyamuk dengan menanam kemangi di pekarangan rumah. Perawatannya cukup mudah sehingga kamu tak perlu khawatir akan banyak hal.

7. Pepermin

Foto: lifestyle.okezone.com

Pepermin sering dijadikan bahan untuk permen karena melegakan tenggorokan, tapi apakah kamu tahu jika nyamuk tidak menyukai tumbuhan ini? Fakta unik lainnya: jika digigit nyamuk, kamu bisa mengoleskan daun pepermin ke bagian yang digigit tersebut untuk mengurangi rasa gatalnya.

8. Rosemary

Foto: thespruce.com

Tidak hanya sebagai bahan memasak, rosemary juga bisa menjadi tanaman pengusir nyamuk. Aromanya seperti aroma minyak telon atau minyak kayu putih. Konon katanya, tanaman pengusir nyamuk ini tahan terhadap panas matahari, penyakit, dan hama.

Bau yang dihasilkan rosemary mampu membuat nyamuk pusing dan kehilangan kendali akan inderanya. Kamu cukup menggosok tanaman pengusir nyamuk ini di kulit kamu sehingga nyamuk nggak bakal berani dekat-dekat kamu lagi.

9. Geranium

Foto: hgtv.com

Salah satu tanaman gantung terbaik, Geranium, juga dikenal dengan nama tapak dara. Jenis tanaman pengusir nyamuk ini memiliki tinggi 20-60 cm dan mampu bertahan selama tiga sampai lima tahun. Geranium bisa dikembangbiakkan dengan cara stek tanaman batang. Kamu hanya perlu memotong batangnya, lalu menanamnya di tanah.

Tanaman pengusir nyamuk ini mengandum zat geraniol dan sitroneol yang mudah terbawa angin. Bau ini juga tidak disukai nyamuk sehingga bunga hias gantung ini menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk.

10. Kamboja

Foto: tokopedia.com

Saking wanginya, kadang tanaman bunga yang tumbuh tinggi ini dianggap mistis. Apalagi tanaman ini sering tumbuh di area pemakaman. Selain diambil ekstraknya, menanam kamboja di depan rumah pun cukup membantu mengusir nyamuk lho! Tapi agar lebih efektif, ambil beberapa daun kamboja, keringkan lalu taruh di sudut-sudut rumah de

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.