12 Menteri Kabinet Mahathir Dilantik, Ini Susunannya!

12 Menteri Kabinet Mahathir Dilantik, Ini Susunannya!

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad dan Wakilnya Wan Azizah Wan Ismail saat pelantikan di Istana Negara (foto: skanaa)

KUALA LUMPUR (Suaramuslim.net) – Perdana Menteri terpilih Malaysia Tun Dr. Mahathir Mohamad beserta jajaran kabinetnya baru saja dilantik di hadapan Raja Yang Dipertuan Agong Sultan Muhammad V di Istana Negara pada Senin (21/5) malam waktu setempat.

Kabinet yang terdiri dari perwakilan tiap partai dari Koalisi Pakatan Harapan yaitu Parti Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM), Parti Keadilan Rakyat (PKR), Partai Amanah Negara (Amanah), dan Democratic Action Party (DAP), memiliki struktur yang cukup ramping yakni hanya 12 Menteri.

Menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri sekaligus merangkap Menteri Wanita dan Pembangunan Keluarga yakni pimpinan Parti Keadilan Rakyat (PKR) Datuk Seri Wan Azizah Wan Ismail yang merupakan istri dari Anwar Ibrahim.

Selain Wan Azizah Wan Ismail, jajaran menteri lain dari PKR yakni Menteri Perekonomian yaitu Dato Seri Mohamed Azmin bin Ali, dan Menteri Perumahan dan Kerajaan Tempatan yakni Puan Zuraida Kamaruddin.

Sementara dari PPBM yakni Menteri Dalam Negeri dijabat oleh Tan Sri Muhyiddin bin Yassin, Menteri Pendidikan dijabat oleh akademisi dari International Islamic University of Malaysia (IIUM) Dr Maszlee Malik dan Menteri Pembangunan Luar Bandar dijabat oleh Puan Rina Harun.

Berikutnya dari Parti Amanah Negara yang dikenal sebagai partai berhaluan Islam yakni menjabat sebagai Menteri Pertahanan yaitu Haji Mohamad bin Sabu, Menteri Pertanian dan Industri Asas Tani yakni Haji Salahuddin Ayub, dan Menteri Kesehatan Dr. Haji Dzulkefly bin Ahmad.

Jajaran menteri dari partai berikutnya yang dikenal sebagai partai yang menampung aspirasi etnis China dan etnis India yakni Democratic Action Party, menjabat sebagai Menteri Keuangan Lim Guan Eng, Menteri Transportasi Anthony Loke Siew Fook, Menteri Komunikasi dan Multimedia yaitu Gobind Singh Deo dan Menteri Tenaga Kerja yakni Kulasegaran s/o V. Murugeson.

Penulis: Ahmad Jilul Qur’ani Farid
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.