3 Langkah Memilih Gedung Perkantoran untuk Kesuksesan Bisnis Anda
Gedung kantor.

Suaramuslim.net – Memilih gedung perkantoran sebagai tempat usaha adalah hal yang penting bagi para pebisnis. Lokasi gedung perkantoran secara tidak langsung akan berdampak pada hasil bisnis yang diharapkan. Jika Anda memiliki usaha dan ingin memilih gedung perkantoran untuk tempat usaha, lakukan 3 langkah berikut untuk kesuksesan bisnis Anda:

1. Putuskan untuk menyewa atau membeli gedung perkantoran

Apabila Anda baru merintis usaha, maka menyewa gedung perkantoran bisa menjadi pilihan yang pas. Sebab, menyewa memberikan fleksibilitas dan anggaran yang tidak terlalu besar dibandingkan membeli.

Anda bisa menyewa gedung perkantoran atau properti lain yang terkait dengan kebutuhan operasional perusahaan. Menyewa memberikan Anda kemudahan untuk memiliki gedung perkantoran dalam waktu singkat. Menyewa juga memberikan kebebasan bagi Anda untuk memilih lokasi bangunan yang diinginkan. Namun, jika Anda memutuskan untuk menyewa, pahami kontrak perjanjian sewa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Lebih lanjut, jika Anda mempunyai modal yang lebih dari cukup, maka ada baiknya untuk memiliki gedung perkantoran sendiri. Dengan membangun gedung perkantoran sendiri, Anda bebas menentukan desain bangunan, jenis, dan banyaknya ruangan yang Anda butuhkan. Jika membangun dirasa memakan waktu, Anda bisa menyiasatinya dengan membeli gedung perkantoran dan mendesainnya ulang.

Keuntungan membeli dibandingkan menyewa adalah Anda tidak perlu terikat perjanjian kontrak dengan pemilik bangunan, Anda tidak perlu meminta persetujuan pemilik bangunan jika ingin melakukan renovasi dan Anda bisa terhindar dari debat dengan pemilik bangunan saat ada kerusakan bangunan.

2. Pertimbangkan beberapa hal saat memilih gedung perkantoran

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih gedung perkantoran, di antaranya:

  • Sesuaikan anggaran dengan kebutuhan

Memilih gedung perkantoran tentunya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Tidak hanya anggaran untuk menyewa atau membeli gedung perkantoran saja, tapi juga anggaran pemeliharaan dan anggaran untuk renovasi jika ada kerusakan.

  • Pilih gedung perkantoran yang berlokasi strategis

Lokasi gedung perkantoran yang strategis tentunya akan memberikan dampak positif bagi bisnis Anda. Pilih lokasi yang berada di pusat kota atau lokasi yang dekat dengan pusat keramaian. Selain itu, pilih lokasi yang memiliki kemudahan akses bagi klien dan karyawan, yaitu lokasi yang mudah dijangkau dengan transportasi pribadi atau umum. Kemudahan akses lokasi ke berbagai fasilitas umum akan menjadi nilai tambah. Pertimbangkan pula keamanan lokasi dari kejahatan dan bencana.

  • Pilih gedung perkantoran yang memiliki fasilitas sesuai kebutuhan perusahaan

Pertimbangkan fasilitas fisik dan non-fisik sebelum memilih gedung perkantoran, yaitu:

  • Fasilitas fisik meliputi fungsi, jumlah, dan luas ruangan, seperti ruang pertemuan, parkir, kafe, ruang olahraga, dsb.
  • Fasilitas non-fisik meliputi manajemen gedung, office branding, dan ruang untuk perkembangan perusahaan.

Manajemen gedung terkait dengan pemeliharaan air, listrik, renovasi, dll dan hubungan dengan pemilik gedung, jika Anda menyewa. Pilih pemilik yang memiliki visi sejalan dengan Anda atau mendukung usaha Anda.

Lebih lanjut, office branding terkait dengan gedung perkantoran yang mempunyai nama besar dan memiliki desain yang sesuai dengan identitas perusahaan. Hal ini akan berdampak pada citra dan reputasi perusahaan sehingga berpengaruh pada kesuksesan bisnis Anda.

Sementara ruang untuk perkembangan perusahaan terkait pertumbuhan perusahaan pada satu atau dua tahun mendatang dan kemungkinan bertambahnya jumlah karyawan. 

3. Konsultasikan dengan agen properti komersial

Jika Anda masih ragu untuk memilih gedung perkantoran yang sesuai dengan harapan, ada baiknya mengonsultasikannya dengan agen properti komersial. Seorang konsultan properti akan memberikan analisis, pelaporan, saran, strategi, dan kemitraan untuk kebutuhan Anda.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.