3 Menu Sahur Bergizi Tanpa Ribet

3 Menu Sahur Bergizi Tanpa Ribet

Suaramuslim.net – Ramadhan tidaklah menghambat manusia untuk beraktivitas. Tuntutan pekerjaan ditambah dengan aktivitas ibadah yang cukup padat mengisi hari-hari umat Muslim di bulam Ramadhan.

Ada kalanya segudang aktivitas membuat tubuh seseorang terlalu lelah dan terkadang bangun terlambat untuk melakukan santap sahur. Tenang, ada tiga menu sahur bergizi, menahan rasa lapar dan anti ribet yang cocok dimasak di momen seperti ini.

  1. Oatmeal Kurma
-Advertisement-

Oatmeal dikenal sebagai makanan tinggi serat, bebas kolestrol, dan lemak jenuh. Tenang saja, oatmeal juga mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin B kompleks yang dibutukan oleh tubuh.

Karbohidrat yang ada pada oatmeal merupakan karbohidrat kompleks yang membuat tubuh memerlukan proses yang lebih lama untuk memecah dan menyerapnya ke dalam tubuh sehingga energi yang dihasilkan bisa tahan lebih lama. Sedangkan kurma adalah buah yang banyak mengandung karbohidrat, fruktosa, glukosa, sukrosa, dan mineral lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk memasak oatmeal cukup mudah. Siapkan oatmeal, susu bubuk kemasan, dan kurma. Campur oatmeal, susu bubuk, sedikit gula dan garam kemudian masukkan ke dalam air yang telah mendidih. Kemudian diaduk dan dimasak di atas kompor dengan api kecil. Bisa juga dimasukkan ke dalam microwave selama dua menit. Kemudian tambahkan kurma atau buah-buahan lain seperti apel, pisang, strawberry, kismis, atau kacang-kacangan seperti kacang almond. Kurang lebih hanya membutuhkan waktu lima menit dan menu sahur siap disantap!

  1. Sandwich Gandum

Jangan sepelehkan menu roti yang satu ini! Meskipun bukan nasi, roti gandum dapat menahan rasa lapar lebih lama ketika berpuasa. Dibandingkan roti biasa, roti gandum memiliki kadar gizi yang jauh lebih baik. Dalam roti gandum terdapat karbohidrat kompleks, protein, berbagai macam vitamin, juga rendah lemak. Selain itu, serat yang terkandung pada roti gandum bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan tetap fit di bulan Ramadhan.

Alangkah baiknya jika roti gandum ini ditambahkan beberapa komponen lain seperti sayur, telur atau daging kemudian disusun seperti sandwich. Cukup menyiapkan roti gandum, telur dadar, selada, irisan tomat segar, mentega, mayones, dan lada bubuk untuk membuat sandwich seperti di restoran. Hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyiapkan menu sahur ini.

  1. Pasta Gandum

Pasta merupakan salah satu makanan yang dapat disajikan dengan cepat. Ditambah lagi, jika pasta tersebut terbuat dari gandum. Gandum terkenal dengan kandugan karbohidrat kompleks, serat, dan nutrisi lainnya. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat merupakan modal untuk membuat perut kenyang lebih lama.

Pasta berbahan gandum juga cocok dikonsumsi bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung, dan diabetets tipe 2.

Cara penyajiannya, cukup dengan merebus pasta gandum selama 8 menit. Sembari menunggu pasta matang, tumis bawang putih, bawang bombay, saus tomat, ditambah dengan gula, garam, merica. Untuk menambah kadar protein, bisa juga ditambahkan daging cincang atau kornet daging sapi. Tiriskan pasta dan siramkan saus yang telah matang. Tidak sampai lima belas menit, menu ini sudah dapat dihidangkan di meja makan.

Ketiga menu tadi dapat menyelamatkan kita dari waktu santap sahur yang terbatas. Jika ingin lebih praktis lagi, sediakan kurma dan susu cair di rumah. Kedua hal tersebut dapat menjadi penyelamat di detik-detik terakhir menjelang adzan subuh. Selamat berpuasa!

 Kontributor: Dinda Sarihati Sutejo*
Editor: Oki Aryono

* Tim Islamic Youth Community Kota Pasuruan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.