5 Alasan yang Menjadikan Ramadhan Istimewa

192
5 Alasan yang Menjadikan Ramadhan Istimewa

Suaramuslim.net – Beberapa hari lagi umat Muslim akan menjumpai kembali bulan Ramadhan. Rasulullah memberikan kabar gembira kepada umatnya bahwa di bulan ini pintu surga dibuka lebar-lebar sedangkan pintu neraka ditutup rapat-rapat.

Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa padanya. Pintu-pintu surga dibuka padanya. Pintu-pintu jahim (neraka) ditutup. Setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan seribu bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.” [HR. Ahmad dalam Al-Musnad (2/385)].

-Advertisement-

Pada bulan ini juga terdapat sebuah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Banyak sekali keistimewaan yang membuat bulan Ramadhan lain daripada bulan-bulan lainnya. Berikut merupakan lima alasan yang menjadikan bulan Ramadhan istimewa.

  1. Bulan Puasa

Bulan Ramadhan identik kaitannya dengan perintah puasa yang terdapat pada surat Al Baqarah ayat 183. Umat Muslim wajib untuk melaksanakan puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Bagi yang berhalangan mengerjakannya, maka diwajibkan untuk menggantinya di luar bulan Ramadhan. Puasa Ramadhan juga merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh Muslim yang telah aqil baligh.

  1. Bulan Turunnya Al Quran

Dalam surat Al Baqarah ayat 185 dijelaskan  bahwa Allah menurunkan Al Quran di bulan Ramadhan. Allah menurunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia untuk menjalankan kehidupan. Al Quran juga merupakan kitab yang dijaga keasliannya oleh Allah hingga hari Kiamat kelak.

Baca Juga :  Langgar Aturan, Dua Klub Malam di Jakarta Utara Ditutup

Pada bulan Ramadhan, para sahabat mengkhatamkan Al Quran berkali-kali lipat daripada bulan lainnya. Pahala membaca Al Quran di bulan Ramadhan diganjar sepuluh kali lipat daripada bulan lainnya.

  1. Bulan Mendirikan Malam

Pada bulan Ramadhan, sedikitnya ada sholat sunnah malam yang kerapkali didirikan oleh umat Muslim yaitu shalat tarawih dan witir. Selain salat tarawih, diriwayatkan pada malam-malam Ramadhan Rasulullah dan para sahabat gencar sekali mendirikan malam-malam mereka dengan salat tahajud juga mengkhatamkan Al Quran.

Hal tersebut akan bertambah intensitasnya ketika memasuki sepuluh hari terakhir di mana Rasulullah mengencangkan tali pinggangnya untuk bersungguh-sunggu menghidupkan malamnya dengan ibadah dan taqarub kepada Allah.

  1. Bulan Penuh Berkah

Ramadhan disebut bulan penuh berkah karena pada bulan ini kebaikan yang dilakukan dinilai berlipat ganda. Dalam hadits riwayat Huzzaimah, Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang mengerjakan satu amal kebajikan, maka nilainya sama dengan satu ibadah fardhu di luar bulan suci Ramadhan. Siapa saja yang mengerjakan satu amal ibadah fardhu, sama dengan tujuh puluh ibadah fardhu di luar bulan suci Ramadhan.”.

  1. Bulan yang Agung

Rasulullah pernah menyatakan bahwa bulan Ramadhan sebagai syahrun adzim atau bulan yang agung. Makna agung pada sabda Rasulullah berarti lebih mulia dan lebih besar daripada yang diagungkan oleh manusia biasa. Bulan Ramadhan diagungkan karena Allah menetapkan dan menyucikan bulan Ramadhan. Pada bulan ini pula Allah memberikan berbagai macam kasih sayang, kemurahan juga kemudahan kepada hamba-Nya. Di bulan mulia ini, Allah juga mempermudah hamba-Nya untuk memperoleh hidayah, hikmah, ilmu, dan rizki.

Baca Juga :  Berbagi Buka di Bulan Puasa

Lima hal itulah yang menjadikan bulan Ramadhan menjadi bulan yang mempunyai tempat tersendiri di hati umat Muslim. Begitu banyak keutamaan-keutamaan yang ada pada bulan Ramadhan. Rasulullah dan para sahabat tidak menyia-nyiakan momen ini untuk ber-taqarub kepada Allah. Mereka pun senantiasa berdo’a supaya dapat dipertemukan dengan Ramadhan tahun berikutnya. Apa yang membuat Ramadhan istimewa di mata Anda?

 Kontributor: Dinda Sarihati Sutejo*
Editor: Oki Aryono

*Tim Islamic Youth Community Kota Pasuruan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.