Jus lemon dan jeruk. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Manusia perlu mengonsumsi vitamin C secara teratur karena tubuh tidak dapat memproduksi maupun menyimpan vitamin ini secara alami. Ada banyak sumber vitamin C, mulai dari buah dan sayuran hingga suplemen.

Salah satu kegunaan vitamin C adalah membantu tubuh menyerap zat besi. Manfaat vitamin C juga penting dalam mendukung pertumbuhan badan secara normal. Selain itu, vitamin C berperan membantu melindungi sel-sel tubuh, membantu penyembuhan luka, dan membantu menjaga kesehatan jaringan ikat.

Meskipun manfaat vitamin C begitu banyak bagi keuntungan tubuh manusia, terlalu banyak mengonsumsi vitamin ternyata justru dapat mendatangkan penyakit, seperti:

1. Muncul masalah pencernaan

Masalah umum ketika kelebihan konsumsi vitamin C adalah masalah pencernaan. Melansir dari Healthline, hal ini umumnya terjadi akibat asupan vitamin C dari suplemen makanan. Kamu bisa saja mengalami diare dan mual ketika masalah pencernaan muncul. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa memicu penyakit asam lambung.

2. Gangguan pada ginjal

Mengkonsumsi vitamin C yang berlebih mengakibatkan terjadinya gangguan pada urikosuria yaitu terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam kandung kemih. Sehingga memicu risiko gangguan pada ginjal.

3. Hemokromatosis

Hemokromatosis adalah salah satu penyakit genetik di mana tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Penyakit ini sering kali menyerang hati, jantung, dan pankreas. Kelebihan kandungan vitamin C dalam tubuh dapat memperburuk kondisi hemokromatosis. Hal ini dikarenakan vitamin C berperan dalam penyerapan zat besi yang terjadi dalam tubuh.

4. Nutrisi dalam tubuh menjadi tidak seimbang

Kemampuan tubuhmu mengolah nutrisi akan terganggu ketika kelebihan asupan vitamin C, sehingga bisa mengurangi kadar vitamin B12 dan tembaga dalam tubuh. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia, merusak sistem saraf hingga memicu depresi lho.

5. Meningkatkan risiko radang sendi

Jika permasalahan radang sendi sering terjadi dan dapat memburuk seiring bertambahnya usia, maka kelebihan vitamin C adalah salah satu faktor pemicu risikonya. Melansir dari Medical News Today, hasil studi yang dilakukan oleh Arthritis Foundation menyebutkan kelebihan vitamin C dapat meningkatkan risiko radang sendi.

Bagaimana menangani overdosis vitamin C?

Selain dengan melakukan diet vitamin C, beberapa literatur mengungkapkan bahwa meningkatkan volume minum air putih akan membantu menangani overdosis vitamin C. Sedangkan untuk menangani gejala overdosis vitamin C, biasanya berfokus pada gejala yang ditimbulkan. Contohnya, jika gejala yang ditimbulkan adalah diare, maka langkah yang akan diambil untuk menangani kondisi tersebut adalah dengan pemberian obat anti-diare. (Sumber: hellosehat).

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.