5 Cara Ampuh Menjaga Rumah Tetap Bersih

5 Cara Ampuh Menjaga Rumah Tetap Bersih

Suaramuslim.net – Tanpa trik khusus, rumah akan selalu tampak kotor. Apalagi jika pemiliknya memiliki anak-anak yang masih dalam tahap bermain. Rumah rasanya tidak pernah bersih. Tulisan ini akan mengulas tips praktis agar rumah terus terjaga kebersihannya.

Memiliki hunian yang nyaman memang menjadi idaman semua orang. Tempat tinggal yang bersih dan rapi tentunya akan membawa Anda pada hidup yang sehat dan nyaman. Bagaimana cara agar rumah senantiasa rapi dan bersih? Berikut ulasannya.

-Advertisement-

Selain membuat tidak nyaman, rumah yang kotor bisa jadi sumber dari banyak penyakit. Salah satu hal yang perlu dilakukan agar rumah nyaman dihuni adalah dengan merawat rumah. Bangunan perlu dirawat karena dinilai mengekspresikan kepribadian pemiliknya.

Merawat rumah mencakup perawatan bagian dalam (interior) dan bagian luar (eksterior). Rumah yang terawat juga akan memberikan kesan “fresh” dan baru meskipun tergolong bangunan lama.

Buat Jadwal Membersihkan

Kebersihan adalah hal utama dalam merawat rumah. Namun, jika harus membersihkan seharian penuh, pastinya Anda akan kelelahan, terutama jika tiba-tiba keluarga ingin berkunjung atau akan ada tamu yang berkunjung saat akhir pekan.

Untuk itu, cobalah membuat jadwal merapikan rumah tiga kali sehari atau setidaknya seminggu sekali sebelum beraktifitas. Hal itu akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Tanpa jadwal, Anda akan disibukkan dengan membersihkan hal-hal yang kecil, dan itu sangat melelahkan.

Letakkan Barang Usai Digunakan Pada Tempatnya

Jangan pernah membiarkan dompet dan kunci Anda tergeletak sembarangan. Benda-benda ini sangat rentan terselip atau terlupa, sehingga Anda akan kerepotan mencarinya saat dibutuhkan.

Untuk itu, demi menghemat waktu yang berharga, biasakan diri Anda meletakkan segala sesuatu di tempatnya setelah digunakan. Dengan begitu, rumah Anda pun menjadi lebih rapi dan tertata.

Jangan Tunda Pekerjaan Rumah

Menunda hanya akan membuat pekerjaan semakin menumpuk. Untuk itu, ingatlah selalu untuk melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu atau merapikan ruang tamu dan kamar tidur sesegera mungkin. Dengan begitu, Anda pun dapat fokus mengerjakan hal lainnya. Waktu Anda pun tidak terbuang percuma.

Bersihkan Kamar Mandi Secara Rutin

Walaupun tidak mewah, kamar mandi yang rapi dan bersih akan membuat siapa pun yang menggunakan merasa nyaman. Usahakan untuk selalu membersihkan kamar mandi Anda secara rutin, minimal seminggu sekali.

Bersihkan kotoran seperti sisa rambut, sampah plastik, atau lainnya dari sekitar kamar mandi. Jangan lupa pula untuk memoles dan membersihkan kran serta bagian kamar mandi lainnya yang mengkilap. Dengan cara sederhana ini, kamar mandi Anda pun akan siap digunakan kapan saja.

Jangan lupa, sesekali periksa kerusakan di kamar mandi. Jika terdapat kerusakan, langsung panggil para ahli untuk memperbaikinya.

Perhatikan Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara ternyata sangat berpengaruh terhadap kerusakan properti Anda. Oleh karena itu, pandai-pandailah mengatur sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah.

Hunian dengan sirkulasi udara yang buruk akan meningkatkan suhu di dalamnya akibat sinar matahari. Temperatur panas yang tidak cepat didistribusikan ini akan menyebabkan material-material bangunan cepat mengalami kerapuhan, cat akan mudah kusam dan mengelupas.

Demikian beberapa cara ampuh yang dapat memastikan rumah anda tetap terjaga dengan rapi dan bersih. Ingatlah bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman, dan orang yang beriman tentu akan menjaga kebersihan.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.