Waspada! Menggunakan Jasa Travel yang Merugikan untuk Umroh

Menggunakan Jasa Travel untuk Umroh dan haji

Suaramuslim.net – Menggunakan jasa agen saat melakukan ibadah umroh atau haji tentu akan memudahkan perjalanan ibadah Anda. Meski demikian mudahnya menggunakan jasa travel, tetap saja ada hal-hal yang harus diketahui dan diwaspadai. Berikut ini kami paparkan kelebihan dan kekurangan umroh dan haji melalui jasa travel.

Kemudahan saat melakukan umroh dan haji merupakan hal yang ingin didapatkan oleh setiap jama’ah haji. Senada dengan harapan itu, para layanan jasa travel umroh dan haji dengan jargonnya menjawab keinginan para jamaah haji dan umroh. Dengan menggunakan jasa travel haji dan umroh, para jamaah dimanjakan dengan kemudahan saat beribadah.

-Advertisement-

Misalnya, para jamaah bisa menikmati dan fokus menjalankan rukun dan syariat umroh tanpa harus dipusingkan dengan hal-hal seperti mencari hotel untuk menginap, kendaraan, visa, tiket pulang pergi, bahkan makanan dan akomodasi selama beribadah umroh.

Selain itu, dengan menggunakan jasa travel akan meringankan dalam hal pembiayaan. Jika biaya ibadah haji telah ditetapkan sekitar USD9.000 oleh pemerintah, pada penyelenggaraan ibadah umroh, pemerintah menetapkan biaya minimal sekitar USD1.700 dan maksimal tidak terbatas. Berdasarkan peraturan pemerintah tersebut, para penyelenggara umroh menetapkan harga jasa mereka.

Para agen dan travel umroh biasanya akan menawarkan sejumlah paket perjalanan dari yang paling murah sampai paling mahal. Pilihlah paket perjalanan yang sesuai dengan kemampuan dan dapat membuat Anda menikmati ibadah umroh dengan maksimal.

Bahkan, beberapa agen ada yang menawarkan wisata ke negara-negara eksotis di Timur Tengah, konsumsi, hingga pembelian oleh-oleh. Saat menggunakan agen, tugas Anda hanyalah menikmati perjalanan dan ibadah umroh tanpa perlu memikirkan hal-hal kecil, karena sudah diatur oleh agen.

Layanan Jasa Travel Umroh dan Haji yang Perlu Diwaspadai

Meskipun menggunakan agen dan travel umroh sangat menguntungkan, Anda tetap harus berhati-hati saat memilih agen penyelenggaraan umrah.

Pertama, pastikan jasa travel yang anda gunakan memiliki izin resmi. Saat menggunakan agen resmi, hak-hak Anda sebagai warga negara Indonesia akan dilindungi pemerintah. Jika terjadi sesuatu pada proses perjalanan yang dianggap merugikan, Anda dapat menuntut pihak agen yang resmi mengantongi izin secara hukum, karena lembaga mereka telah tercatat di database pemerintah dan diatur oleh undang-undang.

Jika menggunakan agen tidak resmi, maka akan sulit untuk menuntut lembaga tersebut ketika ada hal-hal yang tidak sesuai. Karena secara teknis, agen tersebut fiktif dan tidak pernah tercatat keberadaannya di data resmi pemerintah. Agen tidak resmi juga berisiko kabur dan menghilang dengan membawa uang yang tentu akan menyulitkan ketika menuntut pertanggungjawaban mereka.

Agar terhindar dari risiko penipuan, saat memilih agen periksa izin yang dimiliki agen tersebut di situs resmi Departemen Agama. Karena saat ini, banyak didapati agen yang memiliki izin, tetapi setelah diperiksa izin tersebut sudah kedaluwarsa atau milik lembaga lain.

Kedua, jangan menggunakan  jasa perusahaan travel haji dan umrah yang menggunakan skema ponzi dalam manejemen bisnisnya. Pasalnya skema tersebut tidak sesuai prinsip syariah. Dalam hal ini, Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Indonesia, Agustianto Mingka mengatakan bahwa  (skema ponzi) memiliki sistem gali lubang tutup lubang. “Skema ini sudah dilarang di negara-negara maju karena akan merugikan masyarakat.” ujar kepada republika.co.id, pada Rabu (26/4).

Pada travel umroh, skema ponzi akan merugikan calon jamaah yang mendaftar belakangan. Apabila dana yang masuk ke perusahaan tidak banyak, maka besar kemungkinan pemberangkatan calon jamaah yang mendaftar di akhir akan tersendat.

Kedua, waspadai layanan travel umroh dan haji yang murah. Maraknya kasus penipuan travel haji dan umroh telah menjadi hal yang lumrah. Kebiasaan masyarakat Indonesia yang menyukai harga murah, terkadang dimanfaatkan berbagai oknum untuk meraih keuntungan dengan melaukan penipuan tergiur iming-iming murah ternyata malah terjerembab dalam masalah.

Meski tak semua jasa travel haji umroh murah berakhir pada penipuan, tak ada salahnya jika memastikan bahwa travel yang akan Anda pilih merupakan travel yang amanah. Anda bisa mencari informasi mengenai trackrecord travel tersebut untuk meyakinkan diri Anda.

Demikian ulasan mengenai keuntungan umrah serta beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih jasa travel haji dan umrah.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.