Foto: Oki Aryono

Suaramuslim.net – Ruang utama gelaran Silatnas X Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) DBL Arena Surabaya Sabtu malam tampak sesak dipenuhi muda-mudi (9/11). Radio Suara Muslim Surabaya menggelar acara 3M: Muslim Muda Milenial. Acara 3M kali ini mengambil tema pranikah dengan judul Cinta dan Usaha dengan narasumber tunggal Ustadz Heru Kusumahadi, Lc.M.PdI.

Heru mengungkapkan cinta ada macam: tanpa unsur fisik dan ada unsur fisik. “Orang beriman sangat mencintai Rasulullah padahal tak pernah bertemu dengan pancaindera kita. Sedangkan dengan unsur fisik itu antara suami dan istri. Keduanya saling melihat,” jelas pria lulusan Universitas Al Azhar Mesir ini.

“Coba teman-teman jelaskan apa itu cinta,” tutur Heru di hadapan 500an muda-mudi yang hadir. Ada yang menjawab cinta itu perhatian, ada yang menjawab cinta itu menyayangi, dst. “Cinta itu hakikatnya memberi tanpa mengharap balasan. Maka jika kita mencintai pasangan kita, artinya kita siap memberi apapun tanpa meminta imbalan,” jelas bapak tiga putra ini.

Dalam kaitannya usaha jodoh, ustadz muda ini memberi kiat. “Jodoh itu rahasia ilahi. Dan janji Allah sudah pasti. Jodoh itu tak bisa dilogikakan. Sehingga usaha kita harusnya tidak terbatas, unlimited, Doanya juga,” paparnya.

Baca Juga :  Pernikahan Anak di 20 Provinsi Masih di Atas Rata-Rata Nasional

Heru memberi makna lain dari doa. “Setiap perbincangan kita dengan Allah itulah doa. Kita memujiNya, mengagungkanNya, mengingatNya, menyembahNya dan kita berdoa kepadaNya itu semua adalah perbincangan kita dengan Allah. Itulah doa. Itulah ibadah. Jadikan hubungan kita dengan Allah itu sebagai bentuk usaha. Maka di sanalah muncul keberkahan,” ulas dai spesialis pembina kaum muda mudi ini.

Reporter: Oki Aryono
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.