Home Insight Edukasi 6 Sifat yang Pantas Dihindari oleh Seorang Muslimah

6 Sifat yang Pantas Dihindari oleh Seorang Muslimah

0
6 sifat tercela yang harus di hindari oleh muslimah

Suaramuslim.net – Sering kali wanita terkenal karena keburukannya, seperti suka mengeluh, suka mengadu, boros, suka dandan, suka mengungkit-ungkit kebaikan, serta banyak bicara. Keenam sifat tersebut pada dasarnya adalah sifat bawaan dari wanita, karena mereka menggunakan sebagian besar perasaannya dalam memahami sebuah situasi.

Meskipun begitu, ada baiknya kita mengetahui sifat-sifat tercela dari wanita yang tidak pantas kita ikuti. Imam Ghazali dalam bukunya Ihya Ulumudin bab Adabu Nikah memberikan nasehat kepada wanita untuk menghindari sifat-sifat tercela.

Berikut ini adalah 6 sifat yang patut dihindari oleh seorang wanita.

1. Al-Annanah

Adalah wanita yang suka mengeluh dan mengadu atas segala sesuatu yang tidak membuatnya puas. Wanita dengan sifat Al-Annanah cenderung kurang bersyukur atas nikmat Allah subhanahu wa ta’ala. Sifat ini juga sangat berpotensi menimbulkan perasaan iri dengki kepada orang lain. Padahal sudah sangat jelas bahwa Allah subhanahu wa ta’ala tidak menyukai hamba-Nya yang berpenyakit iri dengki.

2. Al-Mananah

Adalah wanita yang suka mengungkit-ungkit kebaikan jasa yang telah diberikannya. Al-Mananah membuat wanita tidak ikhlas lillahita’ala dalam mengulurkan bantuannya. Ia akan mengungkit jasanya suatu hari nanti sebagai tanda balas budi yang sudah ia lakukan.

Baca Juga :  Bekali Anak Ilmu Sebelum Menikah

Selain itu. Al-Mananah juga bisa menjadi ancaman bagi kehidupan akhirat kelak, karena dengan mengungkit kebaikan maka hilanglah pahala darinya, jika pahala sudah hilang, lalu dengan apakah kita akan selamat di akhirat kelak?

3. Al-Hananah

Adalah sifat menceritakan dan membanggakan orang di masa lalu. Wanita Al-Hananah adalah wanita yang sering membandingan orang lain dengan orang yang dia anggap lebih baik. Sifat ini akan terlihat berdampak ketika seorang wanita menikah lebih dari satu kali. Jika ia sedang bermasalah dengan suami keduanya, Al-Hananah akan cenderung membandingkan suami kedua dengan suami pertamanya. Hal ini tentu sangat mengancam keharmonisan sebuah rumah tangga.

4. Al-Haddaqah

Adalah wanita yang konsumtif atau suka berbelanja sesuatu yang tidak dibutuhkan. Al-Haddaqah mendorong wanita untuk berperilaku boros. Sedangkan perilaku boros adalah perilaku tercela yang dibenci Allah subhanahu wa ta’ala.

5. Al-Barraqah

Adalah wanita yang suka dandan berlebihan setiap hari. Al-Barraqah ditakutkan akan meruntuhkan harga diri seorang wanita, karena seperti yang kita tahu, wanita yang dandan berlebihan akan lebih sering diganggu oleh lelaki daripada wanita yang hanya berdandan seadanya.

Baca Juga :  Masih Mau Pakai Jeans Ketat setelah Tahu Fakta Medis Ini?
6. Asy-Syaddaqah

Adalah wanita yang suka nyiyir dan banyak bicara. Wanita dengan sifat Asy-Syaddaqah suka mengomentari segala sesuatu, baik itu perbuatan terpuji maupun tercelah. Wanita seperti ini akan selalu merasa paling benar.

Itulah 6 sifat tercela yang harus dihindari oleh seorang muslimah menurut Iman Ghazali. Meskipun pada dasarnya ke-enam sifat diatas pasti ada dalam diri muslimah, namun seorang muslimah harus mampu mengendalikan nafsu untuk sebisa mungkin menghindarinya. Semoga kita terhindar dari ke-enam sifat tersebut. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Intan Nuari
Editor: Oki Aryono

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.