Coba 7 Olahraga untuk Diet Ini
Alat skipping.

Suaramuslim.net – Ramadhan telah usai. Kebiasaan jajan sembarangan tanpa kenal waktu kembali menjadi keseharian. Alhasil tubuh terisi dengan berbagai makanan yang membuat berat badan semakin bertambah. Maka, olahraga bisa jadi solusi untuk diet pada saat seperti ini. Olahraga yang murah dan mudah dilakukan tentunya menarik untuk dilakukan sebagian besar orang. Olahraga berikut mungkin bisa jadi pilihanmu untuk menurunkan berat badan:

1. Jalan kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang paling murah dan mudah untuk dilakukan, terutama bagi kamu yang tidak punya cukup waktu dan tidak dapat melakukan olahraga berat. Badan yang berkeringat setelah berjalan kaki justru akan membuat tubuh kembali segar. Jalan kaki bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Kamu bisa berjalan kaki menuju tempat-tempat terdekat, seperti berbelanja ke pasar, membeli keperluan sehari-hari di toko atau mengantar anak ke sekolah yang jaraknya dekat dengan rumah. Untuk diet, berjalan kakilah secara rutin setiap hari atau setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Jalan kaki bisa mengurangi 255 kalori setiap dua mil per jam.

2. Lari

Jika kamu merasa jalan kaki terlalu santai, Kamu bisa mencoba olahraga lari. Lari juga mudah untuk dilakukan di berbagai ruang terbuka dan tidak memerlukan alat olahraga apapun. Saat berlari, detak jantung yang berpicu akan menjadikan tubuh semakin bugar. Kamu dapat berlari secara rutin minimal 2-3 kali seminggu selama 30 menit untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal. Berlari dengan kecepatan 8 mil per jam dapat menurunkan 1.074 kalori.

3. Bersepeda

Tak perlu mengendarai kendaraan bermotor untuk pergi ke tempat yang jaraknya bisa dijangkau dengan sepeda. Dengan bersepeda, otot-otot kaki akan bergerak aktif. Bersepeda juga bisa membentuk otot perut. Bersepeda santai di bawah kecepatan 10 mil mampu membakar kalori sebanyak 364 kalori per jam untuk orang dengan berat badan diatas 90 kg. Kamu dapat bersepeda selama 45-60 menit sehari agar berat badan tubuh kembali ideal.

Jika Kamu termasuk orang yang sibuk dan tidak punya cukup waktu untuk pergi ke luar rumah, Kamu bisa menggunakan sepeda statis di rumah. Olahraga ini dapat menurunkan 240-350 kalori selama 30 menit.

4. Skipping

Skipping adalah olahraga yang dapat memperkuat persendian kaki. Lakukan olahraga ini secara rutin selama satu jam untuk mendapatkan hasil diet hasil yang maksimal. Skipping mampu membakar 80 kalori selama 10 menit.

5. High Intensity Interval Training (HIIT)

Olahraga ini merupakan olahraga yang paling efisien untuk menurunkan berat badan. High Intensity Interval Training (HIIT) adalah olahraga gabungan intensitas tinggi dan sedang dalam rentang waktu tertentu. Sebagai permulaan, lakukan lari selama 30 detik lalu jalan kaki selama 90 detik. Lakukan olahraga ini secara bertahap dengan durasi yang semakin meningkat.

 6. Senam

Kebanyakan perempuan memilih senam sebagai olahraga untuk diet. Ada berbagai jenis senam yang dapat dilakukan, di antaranya aerobic dan yoga. Low-impact aerobics dapat membakar 455 kalori selama satu jam sementara high-impact aerobic sebanyak 664 kalori per jam dan water aerobic menurunkan 501 kalori per jam. Sedangkan yoga yang merupakan olahraga meditasi dan ketenangan ternyata juga dapat menurunkan berat badan. Selain itu, dengan berolahraga yoga, tidur bisa jadi lebih nyenyak dan tubuh juga terasa lebih ringan.

7. Renang

Kalori yang dibakar saat berenang selama satu jam sama dengan saat berlari. Lakukan olahraga renang dengan intensitas tinggi selama 30-60 menit bolak-balik agar berat badan turun. Dengan berenang, postur tubuh Kamu juga bisa jadi lebih baik.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.