7 Tips Hemat Belanja Baju Lebaran
Ilustrasi orang-orang berbelanaja baju. (Ils: Dribbble/Banessa Millet)

Suaramuslim.net – Biasanya sebelum lebaran, baik mal, pasar swayalan, hingga pusat grosir akan dipenuhi oleh lautan manusia yang siap memburu berbagai jenis keperluan untuk lebaran. Salah satu keperluan lebaran yang menjadi prioritas untuk diburu adalah baju.

Menggunakan baju baru ketika lebaran memang bukan suatu kewajiban. Namun bagi orang Indonesia, tidak afdal jika merayakan lebaran tanpa mengenakan baju baru. Menyambut hari raya idul fitri kebanyakan masyarakat tetap berbelanja baju agar dapat tampil terbaik saat hari raya nanti dan saat bersilahturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman. Kamu juga, berlomba-lomba untuk tampil cantik atau tampan. Maka tidak heran sikap konsumtif kita menjelang lebaran dimanfaatkan oleh sejumlah pebisnis.

Banyaknya penawaran diskon dari pusat perbelanjaan maupun toko online tentu sangat menggiurkan masyarakat. Apalagi, bonus THR juga sudah turun, tentu hal ini sangat dimanfaatkan untuk memburu diskon atau berbelanja kebutuhan lebaran.

Pada bulan ini, masyarakat seakan kalap atau lapar mata akan segala hal. Konsumtif akan segala sesuatu yang baru seakan lumrah bagi mereka, hingga pada akhirnya mereka sadar bahwa keuangan mereka merosot pasca lebaran. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada baiknya jika kamu dapat pandai memilah dan memilih hal-hal yang perlu untuk dibeli dan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu untuk dibeli.

Baca Juga :  3 Langkah Jitu Agar Semangat Menulis

Berikut 7 tips hemat belanja baju lebaran

  1. Catat Semua Kebutuhanmu, Bukan Keinginanmu

Cara pertama belanja baju lebaran adalah dengan mencatat apa yang paling kamu perlukan. Tentukanlah prioritas pakaian apa yang paling dibutuhkan bukan yang diinginkan. Misalnya, kamu sedang memerlukan gamis, baju koko, atau dress lebaran daripada tas mahal. Maka pakaian yang harus kamu beli, yakni gamis, baju koko, atau dress untuk lebaran.

  1. Fokus pada merek

Terkadang belanja baju menjadi begitu boros karena melihat dari model pakaiannya saja. Akan lebih baik jika kamu fokus untuk memilih pakaian dari merek tertentu. Hal ini akan mengerucutkan pilihan sehingga kamu tidak tergoda untuk membeli pakaian lainnya.

  1. Bawa Uang Secukupnya

Bila kamu belanja baju lebaran di department store, maka cara paling ampuh yang bisa kamu lakukan agar tidak ‘kalap’ dalam berbelanja, yakni dengan membawa uang secukupnya. Sebisa mungkin jangan membawa kartu kredit, sehingga bisa membantumu mengontrol keinginan belanja baju lebaran yang berlebih.

  1. Terapkan Mindset untuk Hemat

Baik belanja baju di toko offline maupun toko online, latihlah untuk menerapkan mindset berhemat saat berbelanja. Mungkin ini akan sulit dilakukan oleh kamu yang termasuk tipe orang yang suka berbelanja. Tapi tidak ada salahnya untuk dicoba demi ‘menyelamatkan’ dompetmu.

  1. Cari baju diskon
Baca Juga :  Trend Hijab Syar’i

Banyak sekali tempat-tempat perbelanjaan dan juga online shop yang memberikan potongan harga saat menjelang lebaran untuk beragam merek baju dan perlengkapan lebaran. Namun, pada umumnya pihak penyelenggara memiliki waktu diskon. Agar lebih berhemat, jangan lewatkan program diskon tersebut. Kamu bisa meng-update informasi melalui media sosial agar tidak terlewat saat diskon dimulai.

  1. Belanja online

Bagi kamu yang malas berdesak-desakan, pusing melihat keramaian, atau malas muter-muter dan mudah pegal, kamu bisa coba membeli baju lebaran secara online. Di zaman teknologi yang canggih seperti ini, belanja online tentunya sangat memudahkan kamu dalam memilih baju lebaran yang diinginkan karena cukup bermodalkan smartphone dan jari saja. Tidak hanya itu, biasanya toko online juga suka memberikan banyak potongan harga sebelum lebaran. Hal ini tentunya merupakan kabar baik bagi kamu yang ingin berbelanja lebih murah.

  1. Sesuaikan Pengeluaran dengan Pemasukan

Perlu diingat bahwa dana yang dikeluarkan harus sesuai dengan pemasukan yang kamu dapatkan. Jangan sampai pengeluaranmu untuk lebaran justru lebih besar dari pemasukan yang didapatkan. Apalagi jika sampai berutang untuk memenuhi berbagai keperluan Lebaran.

Baca Juga :  Tips agar Wedang Jahe Terasa Nikmat

Ingatlah bahwa Ramadhan adalah bulan di mana kamu berusaha untuk kembali fitrah dan membentuk kebiasaan baru dengan memperbanyak ibadah. Jangan sampai ibadah Ramadhanmu jadi terganggu karena sibuk mencari keperluan untuk lebaran.

Itulah 7 tips hemat belanja baju Lebaran yang bisa kamu terapkan agar anggaran lebaran tidak membengkak bahkan defisit. Ingat, setelah Lebaran berakhir, hidup kamu masih berlanjut. Ada banyak keperluan harian yang masih perlu kamu penuhi.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.