7 Tips untuk Memperkuat Sistem Imun Biar Nggak Gampang Sakit

7 Tips untuk Memperkuat Sistem Imun Biar Nggak Gampang Sakit

7 Tips untuk Memperkuat Sistem Imun Biar Nggak Gampang Sakit
Secangkir teh hangat dengan daun mint.

Suaramuslim.net – Setiap ibu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk keluarganya, termasuk menjaga agar setiap anggota keluarga tetap sehat. Di tengah maraknya pemberitaan tentang wabah Covid-19, kita sebagai ibu tentu khawatir ya dengan kondisi kesehatan kita dan keluarga kita, terutama si kecil yang sistem imunnya masih berkembang. Berbagai upaya kita lakukan untuk mencegah agar tidak tertular Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan memperkuat sistem imun tubuh. Nah moms, apa saja sih cara yang harus kita lakukan supaya sistem imun tubuh semakin kuat? Yuk, intip 7 tips untuk memperkuat sistem imun tubuh berikut biar nggak gampang sakit!

  1. Biasakan menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Tips pertama adalah jaga pola hidup bersih dan sehat. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun setiap selesai berpergian atau setiap akan melakukan aktivitas seperti makan, menyuapi si kecil, memasak, dll. Sebab, kuman penyakit bisa menempel pada telapak tangan. Mencuci tangan dengan sabun akan membunuh kuman dan membilas tangan dengan air bersih akan membuang sisa-sisa kotoran dan kuman yang mati.

  1. Rutin berolahraga

Olahraga dapat membantu membakar lemak dan membuang kotoran tubuh lewat keringat. Ada berbagai macam olahraga yang bisa dilakukan, diantaranya latihan beban untuk melatih otot dan olahraga kardio seperti lari, renang, dll. Namun, dalam situasi social distancing seperti saat ini yang tidak memungkinkan pergi ke tempat umum, pilih olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti senam, lompat tali atau latihan beban. Lakukan olahraga rutin selama 2-3 kali seminggu. Jika tubuh sehat dan bugar, sistem imun juga akan meningkat.

  1. Menjaga pola makan

Penuhi asupan gizi setiap hari dengan makan makanan bergizi seimbang yang terdiri atas karbohidrat, protein, lemak, buah dan sayur serta minum sebanyak 8 gelas air per hari. Selain itu, hindari makanan yang mengandung 5P (pemanis, pewarna, pengawet, penyedap, dan perasa). Batasi konsumsi makanan manis dan hindari junk food (makanan cepat saji). Tubuh yang cukup nutrisi dapat membentuk sistem imun yang lebih baik dibandingkan tubuh yang memperoleh asupan gizi tidak seimbang.

  1. Mengontrol aktivitas

Aktivitas tinggi berpotensi menurunkan daya tahan tubuh seseorang. Oleh karena itu, kontrol aktivitas harian dengan membuat jadwal yang penting untuk dilakukan dan seimbangkan antara aktivitas fisik seperti bekerja, berolahraga, dll dan non-fisik seperti beribadah, membaca, dll.

Untuk anak-anak, beraktivitas fisik di luar ruangan baik untuk tumbuh kembangnya yang sedang asyik mengenal sekitar. Mengeksplorasi lingkungan juga dapat mendukung kemampuan belajarnya. Akan tetapi, untuk sementara aktivitas fisik ini bisa dilakukan di rumah loh, moms. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama #dirumahaja.

  1. Istirahat yang cukup

Tidur malam yang cukup selama 8 jam setiap hari. Istirahat siang juga penting untuk si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan. Istirahat yang cukup membantu menyegarkan kembali tubuh yang lelah setelah seharian beraktivitas.

  1. Bersahabat dengan cuaca

Biarkan si kecil yang ingin mandi hujan asalkan ia dalam kondisi sehat. Setelah puas bermain air dalam durasi yang telah disepakati bersama, segera mandikan si kecil, keringkan tubuhnya, ganti bajunya dan beri ia minuman hangat.

Jika musim kemarau tiba, biasakan si kecil cukup minum agar tidak dehidrasi. Saat harus keluar rumah, bekali ia dengan perlengkapan pelindung dari sinar matahari seperti topi, payung dan oleskan tabir surya yang mengandung SPF yang aman digunakan untuk si kecil.

  1. Konsumsi penguat sistem imun

Berbagai faktor seperti aktivitas tinggi, asupan gizi tidak seimbang, kurang tidur, stres dan perubahan cuaca dapat menjadi penyebab sistem imun menurun. Sistem imun adalah sistem kekebalan tubuh manusia yang berfungsi memperkuat antibodi dan melindungi diri dari penyakit. Untuk menguatkan sistem imun, berikan penguat sistem imun atau immunomodulator untuk kelurga kita ya, moms. Apalagi di masa wabah covid-19 seperti saat ini, keluarga kita butuh asupan lebih berupa penguat sistem imun.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!