8 Manfaat Ajaib Ampas Kopi yang Harus Kamu Tahu

8 Manfaat Ajaib Ampas Kopi yang Harus Kamu Tahu

Ampas kopi. Foto: majalahcsr.id

Suaramuslim.net – Berbicara tentang kopi ternyata tak melulu soal kenikmatan minumannya. Lebih dari itu, manfaat ampas kopi juga sangat banyak untuk kebutuhan sehari-hari, lho! Tampaknya tak terlalu berlebihan jika menyebut biji-bijian satu ini sebagai “biji ajaib.”

Bagaimana tidak, di balik kenikmatan rasa minumannya yang surgawi, tersimpan juga sejuta manfaat menguntungkan bahkan dari ampasnya.

Berikut ini adalah delapan fungsi kopi yang wajib kamu coba. Check it out!

1. Bahan keramas untuk rambut warna cokelat

Mewarnai rambut dengan hair dryer brunette tentu butuh perawatan yang ekstra hati-hati untuk menjaga warna tersebut tahan lama. Namun kamu nggak usah bingung mencari sampo dan kondisioner untuk merawat rambut cokelatmu. Kamu bisa menggunakan ampas sisa kopi untuk menjaga kesehatan dan kilaunya. Bagaimana caranya?

Pastikan kamu menyimpan ampas dari kopimu dan sudah bersuhu dingin. Tuangkan pada rambutmu setelah keramas, dan pijat lembut kepalamu. Tutup kepala dengan shower cap, diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih.

Mencuci rambut dengan ampas sisa kopi ini dapat membuat rambut cokelat nampak lebih bercahaya, serta memberikan tambahan warna pada akar rambut yang menggelap. Selain itu, rambutmu akan wangi kopi!

2. Merawat selulit

Faktanya, sulit menghilangkan selulit dari permukaan kulit. Namun, ada berbagai macam teknik perawatan untuk membuat kulit nampak lebih baik dan lebih halus, dan itu menggunakan ampas kopi!

Campurkan setengah gelas ampas kopi dengan 1/4 gelas minyak zaitun sehingga menjadi scrub tubuh. Kemudian balurkan scrub tersebut pada bagian tubuh yang mengalami selulit dan pijat lembut selama 3 menit. Kemudian, bilas bersih tubuhmu.

Kopi dapat membantu mengencangkan kulit dengan memperbesar pembuluh darah dan menurunkan retensi air. Cara ini dapat mengurangi penampakan selulit pada kulit.

Jika ampas kopi terasa lembut pada kulit, kamu bisa menggantinya atau mencampurkan bahan lain, seperti gula merah atau sea salt. Jika ingin membuat campuran scrub lebih efektif, balut bagian tubuh dengan plastik setelah memijatnya dan diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya.

3. Membersihkan kulit kepala dari ketombe

Manfaat ampas kopi yang pertama adalah sebagai bahan untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe. Sama halnya untuk wajah, ampas kopi juga dapat dijadikan scrub alami untuk mengikis dan membersihkan kulit kepala yang kotor akibat debu dan ketombe.

Caranya sangat mudah, yaitu ambil beberapa genggam ampas kopi yang tersisa dalam gelas lalu letakkan pada kulit kepala dan lakukan pijatan lembut. Diamkan beberapa menit, setelah itu bisa dibilas dengan menggunakan air bersih dan sampo sehingga sisa-sisa ampas kopi bisa terangkat dengan sempurna.

4. Perawatan wajah untuk menghindari jerawat

Terbentuknya jerawat di wajah karena sel kulit mati, wajah berminyak dan zat lain yang menyumbat pori-pori wajah sehingga mudah terjangkit bakteri penyebab jerawat. Menggosokkan wajah menggunakan ampas kopi dapat membersihkan sel kulit mati dan membuka pori-pori wajah.

Hal ini karena senyawa antioksidan, asam klorogenat, stimulan pada kopi mampu melawan jerawat dengan menjadikannya pembersih wajah.

5. Mengembalikan warna furnitur kayu yang kusam

Yang perlu kamu lakukan adalah menggosok beberapa bagian tanda goresan yang kamu lihat di kursi, lemari, atau meja kayu. Caranya sangat sederhana dan mudah. Lalu, cara ini juga akan menghilangkan warna yang tidak diinginkan pada furnitur kayu.

6. Menjadi pengharum ruangan

Terkadang, pengharum ruangan yang kita pakai bisa membuat kepala pusing hingga mual. Karena terkandung bahan-bahan kimia di dalamnya. Tapi tidak dengan yang satu ini, ampas kopi bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan yang alami dan juga bebas efek samping, lho. Cara memanfaatkannya yaitu dengan menaruh ampas tersebut ke dalam wadah. Bisa dengan menggantungnya dan biarkan aromanya mengisi seisi ruangan.

7. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat ampas kopi berikutnya, yaitu dapat membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Bagaimana caranya? Cukup campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun hingga menjadi pasta. Lalu, oleskan ke permukaan wajah dan leher, diamkan selama 30 detik. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat sampai bersih. Kulitmu pun akan tampak lebih cerah dan bersinar seketika.

8. Menyuburkan tanaman

Belum banyak tahu bahwa ampas kopi bisa beralih fungsi menjadi pupuk alami yang mampu menyuburkan tanah. Kandungan nitrogen yang terdapat pada ampas membuat cacing lebih agresif dalam membuat lubang di tanah sehingga tanah lebih subur. Selain itu, nitrogen juga merangsang pertumbuhan tanaman lebih cepat. Caranya mudah, cukup taburkan ampas kopi di bawah tanaman yang sedang dirawat.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!