Sitkom Keluarga Renggo Suara Muslim Raih Penghargaan Peduli Pencegahan Covid-19

Sitkom Keluarga Renggo Suara Muslim Raih Penghargaan Peduli Pencegahan Covid-19

Radio Suara Muslim Raih Penghargaan dari KPID
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Abdul Kohar selaku Program Director Radio Suara Muslim, Kamis (9/7/20).

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Radio Suara Muslim Surabaya menerima penghargaan sebagai media penyiaran peduli pencegahan Covid-19 di Jawa Timur.

Apresiasi ini diberikan saat media gathering persiapan kehidupan normal baru, bertajuk Penanganan Covid-19 dan Kesiapan Jawa Timur dalam Memasuki New Normal Life: Strategi Komunikasi Publik, Saran dan Masukan Insan Media. Diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur, Kamis (9/7) di Surabaya.

Ketua KPID Jawa Timur, Ahmad Afif Amrullah mengatakan sejak awal masa pandemi KPI Pusat mengeluarkan surat edaran, meminta lembaga penyiaran ikut serta melakukan sosialisasi edukasi pencegahan Covid-19.

Karena itu, imbuhnya, setelah evaluasi dan pemantauan di lapangan semua lembaga penyiaran sudah berpartisipasi aktif, tetapi porsinya berbeda.

Menurut Afif, media yang porsinya maksimal setelah pemetaan, diberikan penghargaan, baik itu televisi maupun radio termasuk asosiasi.

“Suara Muslim sendiri kan keunikannya dia punya iklan layanan masyarakat yang diproduksi sendiri, Bu Renggo dkk itu, misalnya,” kata Afif.

Itu menarik, tambahnya, dengan bahasa lokal, kebiasaan lokal di masyarakat, diwujudkan dalam bentuk siaran.

“Menurut kami ini merupakan versi lain dari melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Termasuk juga program talkshow Ranah Publik seringkali mengangkat tema penting peran kita dalam masyarakat, agar bisa mencegah penularan Covid-19,” jelasnya.

“Penghargaan ini diberikan kepada media dan lembaga penyiaran yang sudah menerapkan protokol kesehatan. Lembaga tersebut melindungi insan pers yang tiap hari harus ke luar rumah. Mereka adalah pahlawan informasi di era Covid-19 ini,” pungkas Afif.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto menyebut agenda ini sebagai sarana menyampaikan kebijakan Pemprov Jatim dan memperoleh masukan dari media. Sehingga kebijakan Pemprov dapat dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat.

Sitkom Keluarga Renggo merupakan iklan layanan masyarakat yang diproduksi dan disiarkan Radio Suara Muslim dengan genre komedi teladan namun mengandung pesan pencegahan penularan Covid-19.

Konten teladan selalu diselipkan dalam dialog yang sederhana, sangat dekat dengan keseharian masyarakat. Ini merupakan program segar yang saat ini sudah sangat jarang bisa ditemui di media radio.

Reporter: Chamdika Alifa
Editor: Muhammad Nashir
Copyright © 2020 suaramuslim.net

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!