8 Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit Agar Lebih Hidup dan Berwarna
Ilustrasi dekorasi kamar tidur dengan meja compact dan warna yang cerah. (Foto: Sweetyhomee.com)

Suaramuslim.net – Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang paling sering kita gunakan dalam sehari-hari. Banyak orang yang melakukan berbagai aktivitas dan beristirahat di dalam kamar. Sering kali orang menganggap kalau kamar yang nyaman itu adalah kamar yang besar karena bisa menampung banyak furniture dan dekorasi. Padahal, kamar yang sempit juga bisa dibuat nyaman asalkan kamu tahu cara menghias kamar tidur yang sempit tersebut. Kamar yang sempit bisa di dekorasi sedemikian rupa untuk menjadi sebuah kamar yang nyaman dan membuat kamu bisa beristirahat dengan tenang.

Mendekorasi dan mendesain kamar tidur kecil memerlukan kecerdikan. Kesalahan dalam hal mendekorasi kamar tidur sempit tidak bisa ditoleransi. Mendekorasi sebuah kamar tidur sempit sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara. Berikut ini beberapa inspirasi dan tips dekorasi kamar tidur sempit agar menjadi lebih hidup dan berwarna.

  1. Aplikasikan warna-warna cerah pada kamar tidur sederhana

Menurut penelitian, warna cerah yang diaplikasikan pada kamar tidur, terutama pada dinding mampu menambah dimensi ruang yang seakan terlihat lebih luas. Namun, warna cerah pada furnitur pun mampu berikan hasil yang sama, meskipun tidak begitu sempurna. Sesuaikan warna dengan selera dan personaliti. Umumnya, warna biru cocok untuk relaksasi di kamar tidur.

  1. Pintu geser untuk efisiensi ruang
Baca Juga :  Tak Perlu Facial, Buang Komedo Bandel Bisa dengan Minyak Zaitun   

Selain dapat memaksimalkan ruang di kamar tidur, aplikasi pintu geser dapat memberi kesan layaknya ruang rahasia untuk salah satu bedroom di dalam rumah.

  1. Ganti fungsi lemari baju dengan standing clothes rack

Mengganti lemari baju dengan standing clothes rack di dalam kamar tidur sederhana tidak hanya berfungsi sebagai space saver. Pakaian pun mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga meminimalisasi melekatnya jamur pada outfit favorit Kamu.

  1. Pisahkan ruang ganti pakaian dengan kamar tidur

Kamu dapat menaruh lemari pakaian di selasar menuju kamar tidur yang juga mengarah ke kamar mandi atau disebut dengan walk-in-closet. Selain memberi ruang pada kamar tidur, hal tersebut juga memudahkan di saat bersih-bersih rumah.

  1. Meja yang sederhana dan compact

Jika kehadiran meja kerja dirasa terlalu membuat kamar tidur sederhana Anda sempit, hadirkan papan rak gantung yang tidak terlalu tinggi di salah satu sudut kamar. Instalasi bisa digunakan sebagai meja kerja, sekaligus tempat hiasan seperti figura. Alternatif lainnya, Kamu bisa rancang bedheadmu secara custom, sehingga dapat difungsikan menjadi meja kerja.

  1. Hadirkan rak penyimpanan yang menyatu dengan dinding
Baca Juga :  Trik Sederhana Mendesain Kamar Tidur Ala Drama Korea

Rak penyimpanan yang menempel pada dinding dan ceiling kamar tidur sederhana adalah solusi ruang yang efisien untuk penambahan elemen interior esensial lainnya. Kekurangannya adalah lemari atas sulut dibersihkan, namun keuntungannya bisa sekaligus menjadi pondasi lampu tidur atau lampu baca.

  1. Dekor seminimalis mungkin

Dengan menata kamar tidur minimalis dan sederhana dengan jumlah aksesori interior dan furnitur yang secukupnya, Kamu dapat memaksimalkan area kamar tidur untuk relaksasi tanpa rasa sesak. Kamu bisa aplikasikan desain bedhead memanjang hingga menyentuh area endtable sehingga hadirkan kesan ranjang yang seamless.

Saat merancang atau mendekor kamar tidur, bayangkan apa saja aktivitasmu atau pasangan, jika sudah menikah. Kurasi furnitur sesuai kebutuhan. Misalnya, apakah tetap perlu meja kerja di kamar, sedangkan Kamu punya study room khusus? Furnitur di kamar tidur umumnya hanya butuh tempat tidur, bedside table / nakas, lemari baju, rak TV. Rak TV pun juga tergantung kebiasaan.

Demikianlah beberapa inspirasi dan tips dekorasi kamar tidur sempit agar menjadi lebih hidup dan berwarna. Semoga beberapa contoh di atas bisa memberikan rekomendasi untuk Kamu.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.