Harga tiket pesawat meroket, YLKI minta Kemenhub tingkatkan pengawasan terhadap maskapai

Harga tiket pesawat meroket, YLKI minta Kemenhub tingkatkan pengawasan terhadap maskapai

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Harga tiket pesawat meroket belakangan ini. Banyak konsumen jasa penerbangan menjerit karena harga tiket yang sangat mahal.

Dilansir dari beberapa situs, harga tiket tujuan Singapura paling murah pada kisaran Rp4 juta untuk sekali jalan. Sebelumnya berada di kisaran Rp2-3 juta untuk tiket PP.

Sejak 18 April lalu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memang telah mengizinkan maskapai untuk menaikkan harga tiket untuk mengantisipasi kenaikan harga avtur.

Dikutip dari laman resmi Pertamina, harga avtur untuk 1-14 Juni 2022 di Bandara Soekarno Hatta sebesar Rp15.748 per liter. Padahal 1-14 Juni 2021 lalu harganya hanya Rp9.518 per liter.

Menyikapi hal ini, Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi meminta Kemenhub meningkatkan pengawasan terhadap maskapai.

“Bahkan kalau perlu audit untuk memastikan bahwa tidak ada pelanggaran terhadap ketentuan Tarif Batas Atas (TBA). Apalagi saat ini ada kebijakan baru untuk maskapai yaitu fuel surcharge, seiring dengan melambungnya harga avtur dunia,” ujar Tulus dalam rilisnya, Ahad (12/06/22).

Tulus menyebut potensi pelanggaran oleh maskapai saat ini sangat besar, seiring sejalan dengan naiknya permintaan perjalanan konsumen dengan pesawat, dikarenakan ada pelonggaran aturan penerbangan.

Seharusnya, imbuh Tulus, Kemenhub memberikan diseminasi/sosialisasi pada publik terkait fenomena global yang berdampak terhadap sektor transportasi, khususnya transportasi udara.

Reporter: Dani Rohmati
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment