Toples kaca isi koin. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Pandemi Covid-19 membuat pemerintah memberlakukan segala kegiatan untuk dilakukan dari rumah, baik bekerja, belajar, serta beribadah. Pemerintah pun semakin menggalakkan dengan pembatasan sosial di berbagai wilayah.

Meski bertujuan untuk memberhentikan penyebaran virus corona, adanya pembatasan sosial ternyata berdampak pada kondisi ekonomi masyarakat Indonesia. Semakin melonjaknya pengeluaran, nyatanya tidak seimbang dengan pemasukan yang ada selama pandemi ini.

Dikutip dari Popmama, bunda harus bisa mengatur keuangan sebaik mungkin di masa pandemi ini. Selain mengatur keuangan sebaik mungkin, bunda bisa mencari cara lain untuk menambah pemasukan keluarga.

Yuk simak penjelasannya!

1. Membuka usaha makanan

Dalam membuka sebuah usaha, bunda perlu melihat peluang-peluang yang ada. Contohnya adalah bisnis makanan. Bunda bisa membuat makanan yang tidak bisa dimasak di rumah atau yang sekiranya sulit dibuat sendiri, kemudian bunda menjalankan bisnis ini dengan sistem open pre-order (PO).

2. Membuka usaha kebutuhan kesehatan keluarga

Pada kondisi seperti saat ini, tentunya kesehatan keluarga menjadi prioritas setiap orang. Nah, peluang ini bisa bunda jadikan usaha lho!

Bunda bisa membuka usaha yang berkaitan dengan pemenuhan kesehatan keluarga seperti masker, vitamin, obat-obatan, serta minuman tradisonal atau jamu untuk daya tahan tubuh.

3. Jadikan menulis sebagai peluang usaha

Bagi bunda yang memiliki hobi menulis, bunda bisa memanfaatkannya untuk menulis artikel-artikel pada media online.

Saat ini sudah banyak media online yang menggunakan tulisan netizen sebagai bahan artikel mereka. Dari hobi, bisa menghasilkan uang tanpa perlu keluar rumah. Coba yuk!

Lalu jika memungkinkan, bunda juga bisa membuat blog pribadi dan diisi tentang review bermacam produk. Siapa tahu nanti ada brand tertarik beriklan di blog milik bunda.

4. Parsel hari raya

Memasuki pekan terakhir bulan Ramadan, setiap orang biasanya sudah memikirkan paket hadiah apa yang akan mereka berikan pada orang terkasih. Kesempatan ini bisa bunda jadikan peluang usaha juga, nih!

Dengan membuka usaha parsel, bunda bisa membuat beragam parsel sesuai pesanan calon pembeli. Baik parsel makanan, sembako, berbagai kue, ataupun hadiah lainnya. Tanpa perlu keluar rumah, nantinya bunda tinggal mengirim pesanan parsel kepada para pembali. 

Itu dia beberapa tips menambah keuangan selama masa darurat Covid-19. Jangan ragu untuk manfaatkan kemampuan yang bunda miliki agar bisa dijadikan peluang usaha.

Sebagai seorang bunda dan istri dan manajer keuangan keluarga, tentunya kita harus tetap berpikir positif dalam kondisi apa pun. Tetap semangat!

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.