Amalan Manjur Pendatang Jodoh

Suaramuslim.net – Jodoh adalah seorang yang dirahasiakan oleh Allah dan pasti kehadirannya. Tidak ada yang mengetahui siapa jodoh kita, kapan kita dipertemukan dengan jodoh kita, dan di umur berapa kapan kita menikah. Semua itu hanya Allah yang tahu. Setiap hamba Allah mempunyai takdir jodoh masing-masing, tergantung bagaimana akhlak manusia itu sendiri. Jodoh adalah cerminan diri kita. Jadi, jika kita berusaha untuk menjadi hamba yang baik, maka Allah akan mempertemukan kita dengan jodoh yang baik pula. Sebaliknya, jika kita berakhlak buruk, Allah akan memberikan kita jodoh yang buruk pula. Untuk mendapatkan jodoh yang baik, kita tidak boleh memasrahkan semuanya kepada Allah.

Sebagai hamba yang baik, kita harus berusaha dan berdoa dulu untuk mendapatkan jodoh kemudian baru bertawakal. Lalu, apa saja amalan dan doa yang mustajab agar kita segera menemukan jodoh? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

  1. Muhasabah Cinta

Muhasabah cinta bukan berarti kaitannya dengan cinta terhadap makhluk Allah, melainkan proses memperbaiki diri (menaati perintah dan menjauhi larangan Allah) dalam rangka meraih cinta Sang Khalik ketika hidup di dunia. Jika seseorang sudah mencintai dan dicintai oleh Allah, maka segala permohonannya pasti akan dikabulkan. Begitu juga permohonannya akan jodoh. Ada istilah berbunyi, “dekati dulu pencipta-Nya, baru ciptaan-Nya akan mendekat”. Jadi, lakukan tips pertama ini agar mendapat jodoh yang dirahmati Allah.

Baca Juga :  5 Desain Undangan Pernikahan Bertema Pastel

2. Hindari Pacaran

Banyak orang berasumsi jika ingin mendapatkan jodoh, maka hal pertama kalinya adalah harus punya pacar. Padahal, Islam melarang keras pacaran. Bukannya mendatangkan jodoh, pacaran malah akan mendatangkan musibah. Dalam Islam jelas disebutkan jika kita tidak boleh mendekati zinah, sedangkan pacaran adalah gudangnya perzinahan. Jadi, sudah pantas kita harus menjauhi pacaran.

3. Perbanyak Sholat Sunnah

Amalan berikutnya adalah memperbanyak ibadah shalat sunnah. Antara lain shalat tahajud, istikharah, dhuha, dsb. Berdoalah sebanyak-banyaknya agar cepat dipertemukan dengan jodoh. Setelah selesai shalat, ada beberapa doa agar dimudahkan dalam urusan jodoh, yaitu:

  1. Doa untuk pria yang ingin cepat mendapatkan jodoh

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ 

Artinya :
“Ya Tuhanku, berikanlah kepada diriku istri yang paling baik dari Sisi-Mu, istri yang saya lamar & nikahi & istri yang jadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia & akhirat.”

2. Doa untuk perempuan yang ingin cepat mendapatkan jodoh

Baca Juga :  Hati-Hati Panjang Angan-Angan!

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Artinya :
“Ya Tuhanku, berikanlah kepada diriku suami yang paling baik dari Sisi-Mu, suami yang pula jadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Terdapat pula amalan doa lainnya agar disegerakan mendapatkan jodoh seperti lafal doa berikut ini :

رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

Artinya :
“Ya Rabbku jangan sampai Engkau membiarkan diriku hidup seorang diri & Engkaulah Waris Yang terbaik.”

 رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya :
“Ya Tuhan kami, anugerahkanlah pada kami jodoh (isteri-isteri) kami & keturunan kami sebagai penyenang, penyejuk hati (kami), & jadikanlah kami imam bagi orang orang yang bertakwa.” (QS Al-Furqaan 74)

Demikian pembahasan tentang amalan-amalan dan doa-doa agar kita segera dipertemukan dengan jodoh kita. Poin pentingnya adalah jodoh akan mengikuti bagaimana sifat dan akhlak Anda. Jika kita baik, maka jodoh kita juga akan baik, begitu juga sebaliknya. Dan yang terpenting lakukan amalan dan doa di atas secara istiqomah setiap hari. Insyaallah, Allah akan segera mempertemukan kita dengan jodoh kita di pelaminan. Aamiin.

Baca Juga :  Sebagian Kita Seperti Lalat?

Kontributor: Anggun Hapsari
Editor: Oki Aryono

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.