Tentara Amerika yang berada di Suriah, foto: BBC

Washington (Suaramuslim.net) – Amerika Serikat Akan Tarik Penuh Pasukan di Suriah pada April 2019 – Koran Amerika Serikat, Wall Street Journal (WST), mengatakan bahwa pemerintah Washington menarik penuh pasukannya di Suriah pada akhir April mendatang. Sementara penarikan pertama akan dilakukan pada pertengahan Maret.

Laporan WST itu berdasarkan pernyataan sumber pejabat aktif dan non aktif Amerika Serikat. Belum ada konfirmasi atau sumber resmi yang mengomentari pernyataan ini.

Pada bagiannya, kantor berita Reuters mengonfirmasi kepada sumber pejabat AS yang juga tidak disebutkan namanya membenarkan laporan WST itu. Pejabat itu mengatakan, penarikan pada April mencakup pengosongan pangkalan milite Tanif di dekat perbatasan Suriah-Iraq-Yordania.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada Desember bahwa akan menarik 2.000 tentara dari Suriah dan mengatakan pertempuran dengan Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) hampir berakhir.

Keputusan Trump mengejutkan banyak pihak di pemerintahannya dan juga mitra koalisi negaranya, termasuk Turki dan Pasukan Demokrat Suriah (milisi Kurdi Suriah).

Washington sedang berusaha mencapai kesepakatan dengan Turki, yang menganggap milisi Pasukan Demokratik Suriah organisasi teroris. AS berusaha menjamin keamanan milisi sekutunya sebelum menarik diri dari Suriah.

Amerika Serikat sendiri sengaja merahasiakan jadwal penarikan pasukan dari Suriah. Hal itu dilakukan sebagai strategi supaya tidak diketahui oleh “musuh”.

Sumber: Reuters
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.