Anadolu Agency Turki Resmikan Layanan Berita Bahasa Indonesia

36
Peresmian Anadolu Agency Berbahasa Indonesia (Dok Suara Muslim)

JAKARTA (suaramuslim.net) – Kantor Berita Turki Anadolu Agency mengembangkan sayap internasional dengan meresmikan layanan berita Bahasa Indonesia pada Senin (23/10) di Hotel Borobudur Jakarta.

Anadolu Agency telah berdiri sejak tahun 1920 dan telah hadir di 98 Negara dan dalam 13 bahasa diantaranya Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Rusia, Bahasa Prancis, Bahasa Kurdi, Bahasa Spanyo dan bahasa lain hingga mengembangkan kantor berita berbahsa Indonesia.

Duta Besar Turki untuk Indonesia Dr. Sander Gürbüz dalam sambutannya mengatakan pembukaan Kantor Berita Anadolu Agency berbahasa Indonesia di Jakarta adalah bagian dari titik tolak kerjasama penting antara Turki dan Indonesia.

“Beberapa waktu lalu setelah pertemuan Presiden Recep Tayyib Erdogan dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah ditandatangani beberapa kebijakan strategis bilateral, diantaranya adalah pembukaan Kantor Berita Anadolu Agency berbahasa Indonesia” kata Sander.

Sementara Deputi Dirjen Anadolu Agency Mustafa Ozkaya mengatakan Indonesia merupakan negara prioritas Anadolu Agency karena memiliki posisi penting di Asia Pasifik dengan populasi lebih dari 260 juta jiwa.

“Turki dan Indonesia memiliki sejarah kedekatan sejak dahulu, peresmian Anadolu Agency berbahasa Indonesia merupakan upaya merekatkan kembali, sekaligus memperkuat hubungan bilateral kedua negara, denga menyiarkan kisah menarik di Indonesia ke seluruh dunia dalam 13 Bahasa” kata Mustafa.

Selain itu Kepala Biro Anadolu Agency di Jakarta Dandy Koswaraputra mengatakan Anadolu Agency Bahasa Indonesia telah memulai kegiatannya sejak awal Juli lalu.

“Kami punya awak 20 orang jurnalis yang tersebar di jakarta, Ankara dan Istanbul dan memproduksi sekitar 50 berita, 40 foto dan 2 video setiap hari” ujar Dandy.

Anadolu Agency layanan berita Bahasa Indonesia dengan ribuan artikel berita, foto, video, infografis dan statistik dapat diakses di www.aa.com.tr/id .

Reporter : Ahmad Jilul Qur’ani Farid

Editor : Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here