Anis Matta dalam Indonesia Leaders Forum (foto: ILF)
Anies Baswedan dalam Indonesia Leaders Forum (foto: ILF)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu pembicara dalam acara Indonesia Leaders Forum (ILF) yang diadakan AQL binaan Ustadz Bachtiar Nasir, dengan tajuk Sejarah Pergerakan Islam dan Masa Depan Bangsa, Kamis (26/4) di Hotel Bidakara, Jakarta.

Dalam diskusi yang menghadirkan banyak narasumber nasional itu, Anies Baswedan menegaskan bahwa para tokoh pendiri republik Indonesia dalam mendirikan negara Indonesia tidak pernah menggunakan kata mayoritas dan minoritas.

“Para pendiri republik ini sadar bahwa mayoritas secara agama adalah umat Islam, tetapi  pendiri republik ini tidak pernah menggunakan mayoritas minoritas dalam mengatur republik ini”, ujar Anies Baswedan.

“Karena republik ini tidak didirikan untuk mayoritas tidak didirikan untuk minoritas, tapi didirikan untuk setiap anak bangsa,” tambah Anies.

Lebih lanjut Anies mengatakan bahwa para pendiri republik Indonesia adalah tokoh-tokoh umat Islam, tetapi secara sadar mereka memilih untuk tidak membicarakan mayoritas dan minoritas tetapi menawarkan gagasan untuk menciptakan keadilan sosial.

“Mereka adalah secara latar belakang tokoh umat dan mereka tampil untuk bangsa walaupun mereka tahu secara jumlah mereka mayoritas. Agus Salim kurang apa keislamannya, juga Jenderal Soedirman,” papar Anies.

Baca Juga :  Wakil Ketua MPR Dukung Gubernur Anies Jual Saham Bir

Indonesia Leaders Forum merupakan sebuah acara yang ingin melihat lebih dalam gagasan para pemimpin bangsa. Ustadz Bachtiar Nasir yang menjadi moderator menyebutkan rencananya acara ILF akan digelar setiap bulan dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang mempunyai kecakapan dan mengisi posisi-posisi strategis di Indonesia.

Dalam acara ILF perdana tersebut hadir sejumlah tokoh sebagai narasumber seperti, Mantan Presiden PKS Anis Matta, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dan Anies Baswedan.

Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra yang awalnya dijadwalkan menjadi salah satu narasumber batal datang.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.