Tahukah Anda Apa Pengertian Ihsan

Suaramuslim.net – Amru Khalid dalam bukunya Semulia Akhlak Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, menuliskan bahwa Ihsan, merupakan akhlak yang langka di dunia Islam. Akhlak yang satu ini telah punah dari sanubari kaum muslimin.

Betapa sulitnya menemui seorang muslim yang dapat mengaplikasikan akhlak yang satu ini, dan yang lebih sulit lagi, orang yang berkomitmen atau istiqomah dengannya. Mirisnya, dan yang patut disesalkan, mereka yang bertipikal terhadap akhlak ini bukanlah orang yang agamis, bahkan dilakukan oleh orang-orang Barat. Lalu apa sebenarnya Ihsan itu?

Makna Ihsan

Secara sederhana, ihsan dapat diartikan sebuah ketekunan. Pertanyaannya, lalu apakah ketekunan itu termasuk akhlak? Ya, itu berasal dari sublimasi akhlak Islam. Tekun dalam bekerja baik dalam pergaulan serta perkataan, semua itu adalah cermin akhlak Islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Sesungguhnya Allah mencintai salah seorang dari kamu jika mengerjakan seseuatu dikerjakan dengan itqon (sungguh-sungguh)”. (HR. Ath Thabrani)

Dari hadist ini jelas, siapapun yang ingin dicintai Allah subhanahu wa ta’ala maka hendaknya dia tekun dan bersungguh-sungguh dalam kebaikan.

Baca Juga :  Adab Menghormati Seorang Murid Terhadap Guru

Ada banyak ayat di dalam Al Quran yang menunjukkan perintah untuk berbuat kebaikan dan kebajikan, salah satunya ada dalam Suroh An Nahl ayat 90 , Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

“Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kaum kerabat.”(An Nahl : 90)

Allah juga berfirman dalam Suroh Ali Imron ayat 134,

“Dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang, Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan”. (Ali Imron: 134)

Allah subhanahu wa ta’ala juga menjanjikan balasan luar biasa untuk orang-orang yang berbuat kebaikan, salah satunya seperti firman-Nya dalam Surah Yunus ayat 26,

“Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya”. (Yunus : 26)

Yang dimaksud tambahan dalam ayat ini adalah kenikmatan melihat Allah subhanahu wa ta’ala. Masyaallah, siapa yang tidak ingin surga dan kenikmatan melihat Sang Maha Pencipta? Setelah membaca ayat-ayat ini, apakah anda semakin termotivasi untuk berbuat kebaikan?

Pesan singkat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam

Sungguh, ada sebuah pesan singkat namun padat dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang harus kita perhatikan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Baca Juga :  Mengukur Kadar Agama Kita

“Sesungguhnya Allah telah mewajibkan kebaikan pada setiap sesuatu.”

Umat muslim diwajibkan untuk berbuat kebaikan pada segala sesuatu. Catat, “diwajibkan” untuk berbuat ihsan baik pada perkara yang kecil maupun besar.  Namun, akhlak ini seolah telah hilang di tengah-tengah masyarakat Islam.

Saat ini terdapat istilah yang populer, yaitu “fahlawah” (orang yang mudah berubah atau plin–plan). Istilah ini adalah lawan kata dari Ihsan. Ihsan menunjukkan kebaikan akhlak sedangkan fahlawah menunjukkan sebaliknya. Untuk itu, mari mulai sekarang, berusaha semaksimal mungkin untuk berbuat ihsan dalam kehidupan yang kita jalani.

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala memudahkan aamiin. Wallahu a’lam.

Kontributor: Siti Aisy
Editor: Oki Aryono

2 COMMENTS

    • Terima kasih atas kunjungan Anda di laman website kami.
      Jika Anda menginginkan informasi yang kami berikan secara aktual (update) silahkan kunjungi fanpage FB suaramuslim.net

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.