Sesendok madu. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Kamu pasti pernah merasakan masalah bibir kering dan pecah-pecah. Bibir kering dan pecah-pecah sangat rentan terjadi dan dapat mengganggu penampilan. Bahkan, jika dibiarkan berlarut-larut, dapat mengganggu kesehatan. Kulit bibir mungkin saja tampak lebih gelap, mengelupas dan berdarah, terutama jika kamu tidak merawatnya dengan baik.

Bibir kering dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari dehidrasi, salah pakai lipstik, hingga kekurangan nutrisi tertentu. Mengalami bibir kering tentu sangat mengganggu penampilan, terlebih bagi kamu yang kerjanya sering berhadapan langsung dengan klien penting. Namun tak perlu khawatir, masalah bibir kering dan pecah-pecah bisa diatasi dengan mudah, kok! Yuk, simak berbagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berikut ini.

1. Banyak minum air putih 

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas dengan banyak minum air. Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat bibirmu tetap lembap. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengurangi kelembapan bibir sehingga menyebabkan bibir menjadi kering. Oleh karena itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas dalam sehari.

2. Memakai lip balm

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas adalah dengan memakai lip balm.Lip balm membuat bibir tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir. Lip balm dapat melindungi bibirmu dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi. Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir. Vitamin atau senyawa lain juga sering ditambahkan untuk membantu meregenerasi jaringan dan juga untuk perlindungan. Beberapa lip balm juga ditambahkan SPF, setidaknya SPF 15, di dalamnya untuk melindungi bibir dari sinar matahari.

Baca Juga :  Bagaimana Menghitung Berat Badan Ideal?

3. Gunakan madu

Madu sudah lama dipercaya bisa efektif untuk mengatasi pelbagai masalah kesehatan, dari yang ringan hinga serius sekalipun, tak terkecuali sebagai cara mengobati bibir kering. Madu adalah pelembab alami yang diklaim efektif membuat bibir senantiasa terjaga kelembabannya sehingga tidak mudah kering apalagi sampai pecah-pecah.

Tak hanya itu, madu juga diperkaya dengan zat-zat yang bersifat anti-bakteri. Hal ini tentu saja membuat madu dapat melindungi bibir dan juga mulut dari serangan bakteri jahat yang bisa menyebabkan masalah pada mulut.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab atau pelumas alami terbaik yang akan mempercepat penyembuhan bibir kering. Selain itu minyak ini juga mencegah infeksi, terutama jika kekeringan telah menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Kandungan dari minyak kelapa adalah asam lemak sehat yang dibutuhkan bibir dan membuatnya lembut dan kenyal. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa ini ke bibir kamu 2-3 kali sehari di siang hari. Kamu juga bisa melembabkan bibir kamu sebelum tidur.

Baca Juga :  Jamu Tradisional Ini Ampuh Membuat Tubuh Bugar, Loh!

5. Masker bibir dengan mentimun

Jika ingin sentuhan yang lebih segar, kamu bisa memanfaatkan timun. Bila belum banyak kulit yang mengelupas, kamu bisa meredakan kekeringan pada bibir dengan menempelkan potongan timun atau mengoleskannya (bisa dihancurkan terlebih dulu). Mentimun dapat melembapkan bibir sekaligus memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit. Usai mengaplikasikan masker timun pada bibir, jangan dibilas dengan air. Tapi, kunci kelembapan dengan menggunakan lip balm.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan dan tanin yang membantu menyembuhkan kulit kering di bibir kamu. Ini juga mengurangi sensasi rasa terbakar yang mungkin kamu alami karena kekeringan. Dengan menggunakan satu kantong teh hijau dan secangkir air panas. Rendam selama beberapa menit. Tempelkan pada bibir selama beberapa saat dan ulangi sehari sekali.

7. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah pelembab dan pelumas alami terbaik. Asam lemak dalam minyak zaitun diketahui dapat membantu menghilangkan bibir kering dan pecah-pecah, serta membuat bibir menjadi lembut dan kenyal. Cara menerapkannya mudah, cukup oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir 2 kali sehari. Lakukan secara teratur dan rasakan sendiri manfaatnya pada bibir.

Baca Juga :  Tak Hanya Fisik, Inilah Faktor Lain Pendukung Kesehatan Tubuh

8. Banyak makan buah dan sayur

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin B dan vitamin C juga merupakan salah satu cara mengatasi bibir kering dan mulai pecah-pecah. Vitamin B dipercaya mampu membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Contoh makanan yang kaya vitamin B adalah makanan sumber protein seperti kacang-kacangan, ikan, dan unggas. Sementara buah apel, jeruk, dan papaya, serta sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, termasuk ke dalam beberapa buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.