Baca Doa Minta Hujan Saat Kekeringan Melanda
Ilustrasi daun layu/kering.

Suaramuslim.net – Saat ini kekeringan tengah melanda sebagian wilayah Indonesia. Berdasarkan Hasil Monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) yang dilakukan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) hingga 30 Juni 2019 menunjukkan terdapat potensi kekeringan meteorologis (iklim) di sebagian besar Jawa, Bali dan Nusa Tenggara dengan kriteria panjang hingga ekstrem.

Kemarau yang tak kunjung berlalu tentu dapat menyebabkan kekeringan atau kurang air bersih. Kekeringan merupakan salah satu bencana bagi kehidupan manusia, juga makhluk hidup yang lain. Karena itu, jika kekeringan sudah mulai menyapa, maka kita harus memperbanyak tobat dan memohon ampun kepada Allah.

Hujan adalah salah satu anugerah terbesar yang Allah SWT berikan untuk hamba-hambanya. Tanpa ada hujan, maka bumi akan kekeringan, pepohonan mati, hewan kehausan dan begitu juga manusia tentu akan sangat menderita, karena air adalah sumber kehidupan.

Maka dari itu, ketika hujan tidak kunjung turun dan/atau musim kemarau berkepanjangan, maka hendaklah kita memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan ke bumi ini. Meminta hujan bisa dilakukan dengan melaksanakan salat istisqa secara berjemaah yang biasanya dilaksanakan di lapangan, atau kita dianjurkan untuk memberbanyak doa, memohon diturunkannya hujan sebagai rahmat Allah.

Doa Minta Hujan

اَللَّهُمَّ أَسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ، عَاجِلاً غَيْرَ آجِلٍ

Allaahummasqinaa Ghaitsaa Mughiitsaa Marii’an Marii’an, Naafi’an Ghairp Dhoorrin, ‘Aajilan Ghoira Aajilin

Artinya: “Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda.” (HR Abu Daud)

اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا، اَللَّهُمَّ أَغِثْنَا

allaahumma aghitsnaa, allaahumma aghitsnaa, allaahumma aghitsnaa

Artinya: “Ya Allah! Berilah kami hujan. Ya Allah, turunkan hujan pada kami. Ya Allah! Hujanilah kami.” (HR Bukhari dan Muslim)

اَللَّهُمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمَكَ، وَانْشُرْ رَحْمَتَكَ، وَأَحْيِ بَلَدَكَ الْمَيِّتَ

allaahummasqi ‘ibaadaka wabahaa imaka, wansyur rahmataka, wa ahyi baladakalmayyita

Artinya: “Ya Allah! Berilah hujan kepada hamba-hamba-Mu, hewan ternak, berilah rahmat-Mu dengan merata, dan suburkan bumi-Mu yang tandus.” (HR Abu Daud)

Itulah beberapa bacaan doa minta hujan agar cepat turun yang dapat kita amalkan. Semoga dengan membaca doa tersebut diatas, Allah SWT segera menurunkan hujan yang membawa berkah bagi kita semua. Aamiin.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.